Masyarakat Mulai Bosan dengan Informasi Covid-19, Ini Penjelasan BNPB

0
6330

TNews, JAKARTA – Kepala Pusat Pengendalian Operasi BNPB Bambang Surya Putra mengatakan masyarakat sudah mulai bosan dengan informasi corona maupun kondisi saat ini. Hal ini terjadi lantaran sejumlah para pemangku kebijakan sering kali memberikan pemahaman-pemahaman yang salah kepada masyarakat soal virus Corona.

Awalnya Bambang melontarkan bagaimana masyarakat dan pemerintah dapat bersatu melawan virus Corona. Namun, yang terjadi saat ini justru adanya silang pemahaman yang sampai kepada masyarakat. “Dengan posisi sekarang kan orang banyak juga yang kemudian mulai boring ya dengan kondisi seperti ini, karena ada pemahaman-pemahaman yang salah itu dari kemudian apa yang sudah disampaikan oleh para pimpinan-pimpinan kita,” kata Bambang melalui siaran langsung dari kanal YouTube BNPB, Rabu (13/5/2020).

Bambang lantas menyebut wabah Corona ini akan menurun pada Juni manakala masyarakat patuh dalam menjalankan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dengan begitu, Indonesia akan kembali membuka aktivitas ekonomi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. “Kalau kita bisa mempertahankan PSBB ini dengan baik, itu Juni atau awal Juni sudah mulai menurun, untuk kemudian kita bisa mulai membuka keran activity-activity ekonomi itu ya, supaya bisa melaksanakan, menggeliat yang sesuai dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Namun sebaliknya, jika PSBB kendur, akan terjadi kontraproduktif dari apa yang diharapkan. Bambang mengatakan selama vaksin Corona belum ditemukan, masyarakat harus tetap melakukan protokol kesehatan. “Kalau kemudian di daerah atau kita di dalam pelaksanaan PSBB ini kendur, tentunya bisa terjadi kontra produktif itu dengan apa yang kita harapkan. Ini juga harus juga disadarkan kepada seluruh masyarakat bagaimana supaya protokol COVID-19 ini akan terus kita laksanakan bersama sama sampai betul-betul dinyatakan bahwa Indonesia bebas dari COVID-19 ataupun ditemukan vaksinnya,” ujarnya.

 

Sumber : Detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.