Menang di Bolang Itang Bersatu, Pasti Dilantik

0
274

akub goma okTOTABUANEWS.COM, Boroko – Persaingan memperebutkan kursi Bupati dan Wakil Bupati Bolmut periode 2013-2018 dalam pesta demokrasi yang bakal digelar Mei mendatang berlangsung ketat. Keempat pasangan calon sama-sama memiliki keyakinan kuat untuk menang.

Sejumlah pengamat politik menilai, dari 54,537 ribu suara dalam DPT terbesar di enam kecamatan, para calon minimal harus menang di daerah Bolang itang bersatu.

Hal ini wajar karena kecamatan ini memiliki jumlah DPT terbesar dibanding kecamatan lainnya.

Dari total DPT yang ada, kecamatan Bolang Itang Barat memiliki suara 10,262 ribu suara di 28 TPS, sedangkan Bolang Itang timur memiliki 10,012 ribu suara yang tersebar di 28 TPS.

“Ini dilihat dari jumlah suara di dua kecamatan tersebut, totalnya sangat besar, bahkan hampir setengah dari total DPT yang ada,” ujar salah satu pengamat politik H Syamsudin Akub.

Dirinya menambahkan, dengan memenangkan minimal 90 persen di dua kecamatan ini, bukan tidak mungkin pasangan yang menang tersebut juga akan meraup sejumlah suara di Kecamatan lain.

“Jadi jika ditotalkan secara keseluruhan pasti akan melewati jumlah 30 persen,” tambahnya.

Sementara itu, aktivis Bolmut Gandi Goma SH, menghimbau pasangan calon, agar dapat menciptakan suasana politik yang profesional dan damai, kekeluargaan dan kondusif.

“Sehingga suasana pilkada bisa berjalan aman, damai dan tentunya itu sebuah kesuksesan bagi kita pemerintah dan warga Bolmut,” tandasnya. (Eky/Jm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.