Menelisik Peternakan Ayam Bangkok Tarung Milik Politisi Nasional Asal BMR

0
1346
Deddy Dolot

TOTABUAN.NEWS, JAKARTA – Memiliki hobi budidaya ayam bangkok tarung, rupanya tak mengenal status sosial dan latar belakang. Buktinya, saat ini banyak pengobi ayam bangkok tarung berasal dari berbagi kalangan.

Ada yang dari masyarakat biasa, PNS, guru, pejabat, politisi, dokter, wartawan, LSM bahkan ada juga dari kalangan Polri dan TNI. Semuanya menyatu dalam satu hobbi, ayam bangkok tarung.

Satu contoh adalah sosok yang satu ini. Politisi nasional, dengan memiliki jabatan sebagai Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) DPP Partai Amanat Nasional, Deddy Dolot merupakan salah satu pengobi dan peternak ayam bangkok tarung.

Tak hanya sekedar hobi biasa, putra asli kelahiran Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat ini, bahkan memiliki peternakan sendiri yang bisa dibilang cukup besar. Peternakan yang diberi nama Triple A Farm, terletak di kompleks Bukit Golf Arcadia, Cimanggis Depok, tepatnya disamping kediaman Penyanyi legendaris Iwan Fals.

Kepada Totabuan News, deklarator PAN tahun 1998 ini mengaku memiliki hobi ayam bangkok sejak masih berusia anak-anak. “Bahkan waktu kuliah, saya memelihara ayam di dalam kamar kos,” ungkap Deddy Dolot.

Bagi Dedol (sapaan Deddy Dolot), hobbi ayam bangkok sangat menyenangkan. Bisa menghilangkan stres atau capek setelah bekerja. “Selain itu, dengan hobi ini kita kan muda mendapatkan teman,” katanya lagi.

Untuk itu kata Dedol, saat ini dirinya dan beberapa teman-teman di DPR RI, akan berupaya agar hobi ayam bangkok ini dijadikan salah satu icon dan objek wisata.“Tujuan kami adalah merubah imej di masyarakat kalau hobi ayam bangkok bukan negatif. Ini merupakan budaya leluhur yang harus kita jaga dan dilestarikan,” ungkap Dedol.

Dia pun akan berusaha agar pemerintah bisa melegalkan hobi ayam bangkok, dengan cara tidak melakukan judi. “Nah saat ini hobi ayam bangkok tarung identik dengan kegiatan judi. Kita akan hilangkan judi dalam ayam bangkok tarung. Kita akan buat seperti kompetisi atau kontes. Kontes burung berkicau atau pacuan kuda saja bisa, kenapa ayam bangkok tarung tidak bisa,” jelas Dedol.

Lanjut Dedol, langkah awal untuk mewujudkan cita-cita para penghobi ayam bangkok khususnya di Sulut, dirinya sudah bertemu dengan beberapa pengurus organisasi penghobi ayam bangkok di Jakarta. “Semoga nanti di sulut khususnya di Bolmong Raya, kedepan akan bisa digelar kontes adu ketangkasan ayam bangkok, seperti yang sudah dilaksankan di beberapa daerah lain,” harap calon anggota DPR RI dari PAN dapil Sulut nomor urut 1 ini.

Diketahui, Triple A Farm milik Dedi Dolot beberapa waktu lalu mengikuti kontes adu ketangkasan ayam bangkok yang digelar oleh Perkumpulan Penghobi Ayam Kontes Nusantara (PPAKN) Jakarta di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Bahkan salah satu ayam andalan Dedol, bisa merebut juara dan berhasil membawa piala dan sertifikat.

 

Peliput : Konni Balamba

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.