Menuju Touna Hebat, Sektor Pertanian Masih Jadi Unggulan

0
272
TNews, AMPANA SULTENG – Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Kabupaten Tojo Una Una (Touna) terus berupaya meningkatkan produksi jagung di Kabupaten Tojo Una Una,hal itu dibuktikan kembali dalam kegiatan Gerakan Panen Jagung (KGP) di Desa Uebone Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una Una, belum lama ini.
Kegiatan Gerakan Panen Jagung Upsus Pajala dihadiri langsung oleh Bupati Muhammad Lahay dan Ketua DPRD Touna Mahmud Lahay, Kepala Dinas Pertanian ,staf serta Masyarakat Petani.
Sebelum melakukan panen Jagung,pada kesempatan itu Bupati Muhammad  Lahay mengatakan Kabupaten Tojo Una Una memiliki potensi lahan jagung yang sangat luas +346.153 hektar,yang mana saat ini masih banyak terdapat lahan tidur untuk di kelola yang terdapat di 12 Kecamatan di Touna.
Dalam upaya mendukung swasembada pangan 2015 sampai dengan 2020 melalui program upsus ( upaya khusus ) padi,jagung dan kedelai ( pahala ),pemerintah pusat memberikan bantuan benih padi sebesar 200 ton atau 200.00 Kg ( kebetuhan 5.000 hektar,jagung hybrida 165 ton atau 165.000 Kg ( kebutuhan 11.000 hektar ),dan benih kedelai yang di rencanakan 4,5 ton atau 4.500 kg ( kebutuhan 100 hektar ) kegiyatan intensifikasi dan untuk tumpang sari padi jagung 30 ton atau 30.000 kg ( kebutuhan 2.000 hektar ).
“Kabupaten Tojo Una Una siap mendukung dalam rangka swasembada pangan yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2019 dengan fokus peningkatan produksi,mutu dan pendapatan petani” jelasnya.
Sektor Pertanian Yang menjadi prioritas yakni pembangunan menuju Touna Hebat, olehnya dibutuhkan kerjasamayang baik dengan semua pihak sehingga produksi jagung Touna dapat ditingkatkan.”Mengigat cukup besarnya peluang untuk meningkatkan produktivitas dan potensi sektor ini yang masih dapat dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,sekaligus pengembangan perekonomian daerah” tambahnya
Lebih Lanjut dikatakan dengan adanya bantuan benih tersebut diharapkan pada tahun 2019 terjadi peningkatan produksi dan produktivitas padi,jagung dan kedelai di kabupaten Tojo Una Una menuju touna hebat dibidang pertanian.
“Sehingga sasaran produksi yang telah ditetapkan dapat mencapai,sekaligus dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahtraan petani di kabupaten Tojo Una Una ” tambahnya.
Peliput : Dales

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.