Muhammadiyah Sudah Tetapkan Idul Fitri 1443 H, Ini Himbauannya

0
61

TNews, NASIONAL – Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Muhammadiyah mengimbau pelaksanaan salat Id dilaksanakan dengan khusyuk.

Hal itu disampaikan Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto, di kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, seperti dalam keterangan tertulis, Senin (25/4/2022). Penetapan 1 Syawal 1443 H dilakukan berdasarkan kajian dari Majelis Tarjih dan Tajdid.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah menghimbau agar salat Idul Fitri dan segenap rangkaiannya, seperti takbiran, pelaksanaan zakat fitrah, dan lain sebagainya dapat diselenggarakan dengan khusyuk dan saksama,” kata Agung.

Agung meminta rangkaian ibadah Idul Fitri 1443 H dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) COVID-19. Penggunaan masker tetap menjadi kunci.

Selain itu, kata Agung, momentum Idul Fitri 1443 H juga harus dimanfaatkan untuk menjaga solidaritas dan memperkuat silaturahim. Pelonggaran yang diberikan pemerintah diminta dimanfaatkan dengan bijak untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga.

“Muslimin dan muslimat dimanapun berada untuk memanfaatkan Hari Raya Idul Fitri ini untuk memelihara silaturahmi dengan mengucapkan salam, atau mengunjungi sanak kerabat dalam rangka untuk menjaga silaturahmi setelah dua tahun terdampak COVID-19 tidak sempat untuk melaksanakan silaturahim,” tutur Agung.

Agung juga berharap para pemudik tetap waspada dan berhati-hati di jalan hingga selamat sampai tujuan. Dia berpesan pemudik tidak memaksakan diri dalam berkendara jika badan dirasa sudah lelah dan mengantuk.

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.