Nyaris Tak Lanjutkan Kuliah, Nabila Friski Lahay Wisudawati Termuda Asal Touna Angkatan 2019

0
244
Nabila Saat di dadampingi kedua orang tuanya usai wisuda

TNews, AMPANA – Universitas Tadulako Palu menyelenggarakan wisudawan sebanyak 900 mahasiswa Angkatan ke-99 tahun bertempat di gedung Auditorium Untad Palu Sulawesi Tengah, belum lama ini.

Dari 900 yang diwisuda, nama Inka Nabila Friski Lahay asal Kabupaten Tojo Una una (Touna) merupakan salah satu wisudawati termuda usia 21 tahun. Tak hanya itu, Inka pun mendapat predikat wisudawati tercepat di Universitas Tadulako Palu dalam jangka waktu menyelesaikan pendidikan selama 3 (tiga) tahun lima hari, dengan indeks Prestasi kumulatif ( ipk) 3,82.

Sementara itu Mutianti S sos merupakan ibu dari Nabila saat ditemui tim Totabuan News, berharap Inka akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. “Sebagaimana cita- citanya ingin menjadi seorang dosen dan seorang wira Usaha muda,” katanya.

Menurut Mutianti, prestasi terbaik Inka Nabila Friski Lahay ini, membawa nama harum anak Daerah Tojo Una una.

Mutianti menceritakan sedikit awal mula Nabila masuk ke perguruan tinggi. Menurutnya, Nabila hampir tidak melanjutkan kuliahnya, karena terkendala dengan masalah biaya. Namun adanya motivasi dan dukungan orang tua serta cita – citanya untuk menjadi Dosen dan wira usaha muda, maka Inka Nabila Friski Lahay menyimpulkan untuk terus melanjutkan kuliah, demi mencapai cita – cita untuk meraih masa depan yang gemilang. “Kami sebagai orang tua tentu terus mendukung dan berusaha bagaimana Inka bisa menyelesaikan pendidikannya,” ujarnya.

Memang kata Mutianti, dalam penyelesaian pendidikanNabila di Tadulako Palu, tidak sedikit mendapat rintangan dan hambatan. “Namun demikian ketika sesuatu dimulai dengan niat yang baik serta terus berusaha dan berdoa, sehingga kemudahan akan selalu ada di balik kesulitan,” katanya sembari mengatakan sejak masih duduk di bangku SD kata Mutianti, Nabila aktif dalam prestasi Akademik dengan mendapat juara 3 (tiga).

Profil Singkat Inka Nabila Friski Lahay :

Inka Nabila Friski Lahay, gadis cantik berkelahiran Poso 26 April 1998, merupakan anak pertama dari pasangan Aceng Lahay dan Ny Mutianti S sos. Ia adalah anak paling bungsu dari empat bersaudara. Sementara tiga kakak kakaknya yakni Fadilah Salsabila, Andika Wulandari, dan Inayah Aira.

Riwayat pendidikan Inka dimulai dari Sekolah Dasar Negeri 8 Ampana lulus tahun 2010, kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ampana kota lulusan tahun 2013.

Setelah lulus SMP, Inka masuk ke Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK) Nusantara Palu, dan lulus tahun 2016. Selanjutnya masuk ke perguruan tinggi UniversitasnTadulako Palu, Alumni tahun 2019.

 

Peliput : Dales Lantapon

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.