Pakar Hukum Ini Minta Warga Kotamobagu Hormati Putusan Gakumdu

0
377
Toar Palilingan

TOTABUANEWS, MANADO – Keputusan sentra Penegak Hukum Terpadu (Gakumdu) terkait dugaan money politic di Pilwako kota Kotamobau, mendapat tanggapan positif dari pakar hukum Provinsi Sulut, Toar Palilingan SH MH. Bahkan, Toar meminta warga hormati putusan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) ataupun Gakumdu.

Hal tersebut disampaikan dosen di Universitas Sam Ratulangi itu,  terkait adanya beragam sikap yang bermunculan di tengah masyarakat, pasca disimpulkannya penanganan perkara dugaan money politcs yang  terjadi di Kota Kotamobagu.

“Memang kalau pertimbangan putusan Panwaslu seperti itu, tentu sudah dipertimbangkan berdasarkan unsur-unsur dalam pasal sangkaan dugaan adanya money politics, maka warga harus menghormati itu,” kata pakar hukum itu, Kamis (21/6/2018) sore tadi.

Apalagi, kata Palilingan, dalam pemeriksaan kepada sejumlah saksi disebutkan bahwa pemberian sedekah itu, dilakukan setiap tahun di bulan ramadan dan sudah menjadi kebiasaan.

“Kadang masyarakat tidak memahami juga rumusan satu delik. Rumusan adanya satu tindak pidana, itu kan terdiri dari berbagai unsur, bisa dua hingga tiga unsur. Jadi kadang menurut masyarakat itu bentuk pidana pemilu, tapi menurut penegak hukum itu tidak tidak terpenuhi unsur-unsur pasal. Bagi- bagi berkat itu silahkan yang penting jangan ada mengajak untuk mempengaruhi pemilih,” ujarnya.

Palilingan menambahkan, definisi masyarakat tidak sama dengan definisi penegak hukum dan hal ini yang biasanya sering terjadi.

“Opini di masyarakat bisa saja bagi-bagi sudah melanggar hukum, tapi penegak hukum pakai unsur pasal. Karena pasal tidak terpenuhi maka tidak bisa dipaksakan, tidak bisa menghukum orang yang tidak terbukti mengajak,” tandasnya.

 

Tim Totabuan News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.