Panwascam Empat Penjuru di Kotamobagu Akan Awasi Ketat Pemilu 2019

0
148
Rinto Mokoginta, Mona Porajow, Herdianto Mokolintad, yusuf Daud

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Dalam mengusukseskan pemilihan umum (Pemilu) yang jujur dan adil, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di empat penjuru di wilayah kota Kotamobagu, akan mengawasi ketat jalannya pemilu pileg dan pilpres 2019 mendatang.

Untuk itu, Panwascam yang terdiri dari Pawascam Kotamobagu Timur, Kotamobagu Barat, Kotamobagu Utara dan Kotamobagu Selatan, pada Minggu (30/09) menggelar sosialisasi Pengawasan Partisifatif Dalam Rangka Pemilu Tahun 2019. Kegiatan dimulai sejak pukul 10.00 wita bertempat di Hotel Sutanraja Kotamobagu. Akan tetapi sosialiosasi tesebut digelar secara terpisah untuk setiap kecamatan.

sosialisasi panwascam Kotamobagu Barat

Pada pukul 09.00 wita adalah giliran Panwascam Kotamobagu Barat dan Kotamobagu Utara, yang dibagi dalam dua ruangan. Kotamobagu Barat digelar diruangan Ambang, sedangkan Kotamobagu Utara digelar diruang Kinalang. Adapun pemateri untuk Kotamobagu Barat yakni pimpinan Bawaslu Kotamobagu Ivan Tandayu. Sedangkan pemateri di Kotamobagu Utara diisi langsung oleh ketua Bawaslu Kotamobagu Musly Mokoginta.

Usai dua kecamatan tersebut, pada pukul 14.00 wita, sosialisasi dilanjutkan oleh dua kecamatan lainnya, yakni Kotamobagu Timur dan Kotamobagu Selatan. Pemberi materi untuk Kotamobagu Timur yakni pimpinan Bawaslu Kotamobagu Mishart Acim Manoppo, sedangkan Kotamobagu Selatan ditangani oleh Ketua Musly Mokoginta.

sosialisasi panwascam kotamobagu utara

Masing masing komisioner dan ketua Panwascam diantaranya Monalisa Porajow (Ketua Panwascam Kotamobagu Barat), Rinto Mokoginta (Ketua Panwascam Kotamobagu Utara), Yusuf Daud (Ketua Panwascam Kotamobagu Timur) dan Herdianto Mokolintad (Ketua Panwascam Kotamobagu Selatan) turut mendampingi para pemateri dari bawaslu kotamobagu.

sosilalisasi panwascam kotamobagu timur

Dalam pantauan Totabuan News, pada sosialisasi per kecamatan dihadiri oleh puluhan peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, camat, lurah/sangadi dan LPM. Pada penyampaian pimpinan-pimpinan Bawaslu Kotamobagu mengajak kepada seluruh masyarakat turut serta membantu pengawasan demi suksesnya pemilu 2019.“Pengawasan akan ditingkatkan melalui pengawasan bersifat partisipatif. Begitu juga kepada lurah dan sangadi agar bisa saling membantu dalam pelaksanaan pemilu,” ujar pimpinan Bawaslu Kotamobagu Mishart Acim Manoppo.

Ditambahkan pimpinan Bawaslu Kotamobagu Ivan Tandayu, dalam tahapan pemilu 2019, setiap APK yang dipasang oleh partai politik dipasang pada titik-titik yang sudah ditentukan oleh KPU. “Ini sesuai undang undang pemilu, dan selanjutnya akan berkoordinasi dengan pihak lurah/sangadi. Dan untuk caleg apabila memasang baliho mak tdk diperbolehkan memasang logo atau no urut,” ujar Tandayu.

sosialisasi panwascam kotamobagu selatan

Selain itu Ketua Bawaslu Kotamobagu Musly Mokoginta menambahkan, Bawaslu akan memproses siapa saja yagg melakukan pelanggaran. “Selanjutanya kami bawaslu dibantu dalam hal ini pihak Sentra Gakumdu, yang meliputi penyidik polri, kejaksaan dan pengawasan/penindakan Bawaslu (Hpp),” ungkap Musly.

Dikerahui sosialisasi berjalan aman dan sukses.

 

 

Peliput : Kokon

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.