Parpol di Dewan KK Bisa Usung 5 Paket Calon

0
174
Parpol

Parpol

Totabuanews.com, Kotamobagu – Setelah menelisik perolehan kursi partai politik (parpol) di Dewan Kota (Dekot) Kotamobagu, mereka ternyata sangat berpeluang untuk mengusung lima pasangan calon walikota dan wakil walikota di Pilwako 2013 ini.

Peluang tersebut pun sangat mungkin terjadi, jika saja parpol pemilik kursi di dewan, yang belum memenuhi syarat untuk mengusung satu paket calon, tidak mudah disetir oleh parpol-parpol besar lainnya. Dengan demikian, siapapun walikota dan wakil walikota, sangat berpeluang lahir dari tangan-tangan para legislator KK.

Hasil analisa sejumlah anggota dewan menyebutkan, Golkar dan PAN sudah memenuhi syarat untuk mengusung satu paket calon mengingat anggota mereka di dewan telah lebih dari 15 persen kursi.

Selanjutnya, PDIP yang memiliki tiga kursi diprediksi cukup berpeluang untuk berkoalisi dengan PPRN. Sedangkan Partai Demokrat akan berkoalisi dengan Barnas.

Terakhir, empat parpol lainnya yakni PDP, PPP, PKB dan PBR memiliki masing-masing satu kursi juga bisa mengusung satu pasangan calon.

“Ya, memang idealnya, kalau kita bisa bermain elok, maka anggota dewan pun bisa melahirkan lima pasangan calon di Pilwako KK 2013 ini,” kata Anggota Komisi II DPRD KK dari PPP, Suryadi Baso.

Namun Baso mengakui, dalam politik, hitungan seperti itu kerap mengalami blunder,oleh karena berbagai faktor yang sering tak terduga. “Sebab dalam politik, perubahan sikap itu sudah dianggap biasa,” kuncinya. (isnandar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.