Pemkab Bakal Verivikasi Bakal Calon Sangadi

0
334

TOTABUANEWS.COM, Lolak – Setidaknya ada sekitar Lima desa di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang dalam waktu dekat ini akan mengelar Pemilihan Sangadi (Pilsang).

Hal ini, sanbagaimana yang diungkapkan Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setdakab Bolmong Drs Rubu’u Pasambuna, Kamis (07/03/2013).

“Ke lima desa yang akan segera melaksanakan pilsang bulan maret tahun ini yakni Desa Siniyung dan Desa Siniyung I Kecamatan Dumoga, Desa Tapadaka Timur Kecamatan Dumoga Tenggara, Desa Bolaang I Kecamatan Bolaang Timur, dan Desa Dumoga 2 Kecamatan dumoga timur,” ungkapnya.

Lanjut Pasambuna, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, melalui Bagian Pemerintah Desa, saat ini terus menyiapkan para calon sangadi yang akan bertarung dalam Pilsang yang akan di helat pada lima desa itu.

“Penyiapan calon sangadi dilakukan melalui tahapan verifikasi berkas para calon sangadi hingga seleksi melalui tes tertulis mengenai pengetahuan umum, pancasila dan undang undang 1945, pengetahuan teknis tentang pemerintahan desa,” tuturnya.

Pasambuna menjelaskan, setiap calon yang nantinya lulus dalam verifikasi, akan dilakukan tes kompetensi.

“Untuk tes selanjutnya jika lolos verifikasi adalah tes kompetensi dengan melakukan wawancara dan pidato untuk mengukur kemampuan komunikasi setiap calon yang akan mengikuti Pilsang,” jelasnya.

Dirinya menghimbau kepada para calon sangadi yang akan mengikuti pesta demokrasi tertinggi di tingkat desa itu, agar dapat menyiapkan diri dalam mengikuti tes itu.

“Untuk itu diharapkan agar dapat menyiapkan diri dalam mengikuti tes tersebut,” ujar Pasambuna.

Dia menuturkan, bahwa pihaknya saat ini telah menerima sejumlah nama bakal calon sangadi yang disodorkan panitia Pilsang tingkat desa yang akan mengikuti Pilsang itu.

“Total calon sangadi yang masuk untuk diverifikasi oleh bagian Pemerintahan desa sebanyak 13 nama,” akunya.

Sementar itu, saat disingung kapan pelaksanaan Pilsang itu aka digelar, Pasambuna mengatakan, jika tidak ada aral melintang maka akan digelar pada bulan Maret ini.

“Terkait kapan pelaksanaan pilsang akan dikoordinasikan dengan panitia pilsang di setiap desa, namun dipastikan pilsang akan digelar selang bulan maret tahun ini,” kata Pasambuna.

Selain itu, dirinya juga berharap agar panitia Pilsang di desa senantiasa berperan aktif dalam proses ini sebagai upaya pelaksanaan program pembangunan sosial kemasyarakatan yang ada di tingkat desa secara khusus dan di Bolmong umumnya sebagai mana visi misi Bolmong menuju Bolmong yang berbudaya berdaya saing dan sejahtera.

“Saya berharap agar panitia Pilsang di tingkat desa dapat berperan aktif dalam rangka menyukseskan hajatan ini guna pembangunan di Bolmong,” harap Pasambuna. (gito/jun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.