Pileg 2024, Pertarungan ‘Sengit’ Kader BMR Menuju Senayan

0
2357
TB, ADM, H2M

TNews, SULUT – Perebutan kursi DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Utara (Sulut), khususnya wilayah Bolmong Raya pada Pemilihan Legislativ (Pileg) 2024 diprediksi bakal sengit. Pasalnya, sejumlah figure populis dari daerah Bolmong Raya mulai digadang-gadang akan bertarung.

Selain incumbent Hi Herson Mayulu (H2M) dari PDI-P yang bakal maju lagi, beberapa nama mulai mencuat. Seperti Ir Hj Tatong Bara (TB) yang diprediksi oleh pengamat politik Ahmad Rizky Iyan. TB berpeluang besar bisa merebut satu kursi di senayan.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Sebab, nama Walikota Kotamobagu 2 periode tersebut, saat ini sangat populer seantero Sulawesi Utara. Sukses menjadikan Kotamobagu sebagai salah satu daerah paling maju di Sulut, selama memimpin Kotamobagu, TB banyak mengukir prestasi. Berbagai penghargaan diraih Srikandi berparas cantik itu. Itulah yang membuat banyak pihak berspekulasi jika TB bertarung di Pileg 2014, bisa meraih kursi di DPR RI.

“Menjadi Wali Kota selama 2 periode merupakan salah satu modal besar. Namun demikian, untuk bisa meraup suara dalam pemilu nanti, tetap harus menggunakan pendeatan survey,” ungkap Pengamat Politik Ahmad Rizky Iyan.

Pengamat dari lembaga survey politik Indonesia tersebut juga menambahkan, walaupun telah memiliki modal figuritas yang cukup populis dan dikenal hampir di seantero Sulawesi Utara hingga ke tingkat nasional, dengan berbagai prestasi yang telah membawa harum nama Kotamobagu, dalam kurun waktu 8 tahun terakhir memimpin daerah tersebut, namun untuk bisa ‘mensegel’ 1 kursi ke DPR RI, Tatong Bara harus benar-benar ditopang oleh sebuah perencanaan yang matang, terarah juga strategis.  “Selain itu, formulasi dari partai untuk bisa merumuskan strategis pemenangan yang terintegrasi dengan citra kandidat juga dibutuhkan,” tambahnya.

Tak hanya H2M dan TB, beberapa nama juga masuk dalam bursa Bacaleg DPR RI dari Bolmong Raya, seperti Sehan Landjar, Djelantik Mokodompit, Jainuddin Damopolii, Deddy Dolot, Jurhum Lantong, Depri Pontoh, Benny Rhamdani dan si anak hilang Aditya Didi Moha.

 

Konni Balamba

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.