Pjs Kepala Daerah Diminta Fokus Kerja, Hindari Polemik Politik

0
173
RASKI MOKODOMPIT & TAUFIK TUMBELAKA

TNews, MANADO – Setelah dilantiknya Pejabat sementara (Pjs), mulai dari Gubernur hingga kepala daerah kabupaten dan kota se-Sulawesi Utara yang melaksanakan pilkada, tentu banyak tugas harus dikerjakan para Pjs. Untuk itu menurut pengamat politik Taufik Tumbelaka perlu konsentrasi tinggi menjalankan tugas sekaligus mengawasi jalannya pilkada agar berlangsung aman.

“Diharapkan semua pihak ikut memberi sumbangsih agar semua Pjs Kepala Daerah dapat menciptakan Pemilu Kada yang berkualitas. Tidak mudah karena hampir setiap ada momentum politik besar seperti Pemilu Kada maka akan ada dinamika politik yang berbeda,” tukas Tumbelaka.

Ia menambahkan bahwa tugas Pjs tidaklah mudah mengingat dinamika pilkada yang tidak menentu, belum lagi mengelola APBD.”Tugas Pjs Kepala Daerah yang baru mendapat kepercayaan dari Pimpinan, sangat berat. Hal ini dikarenakan selain menghadapi dinamika Pemilu Kada, para Pjs Kepala Daerah harus menghadapi agenda pemerintahan berupa APBD Perubahan 2020 (ini jika APBD P belum rampung) dan selanjutnya harus mengurus APBD 2021, ini semua harus diselesaikan dalam situasi dinamika politik Pemilu Kada. Ini tantangan berat,” tandas Taufik lagi.

Menghadapi beban yang tidak ringan tersebut, alumnus Universitas Gajah Mada ini menegaskan bahwa Pjs perlu konsentrasi dan fokus dalam melaksanakan tugasnya, serta menghindari polemik politik yang berkepanjangan yang bisa mengganggu tugas utama Pjs.”Oleh karena itu diharapkan semua Pjs Kepala Daerah melakukan langkah proaktif dan antisipatif agar tidak terjebak jika ‘pusaran’ polemik agar bisa sangat fokus kepada tugas utama sebagai Pjs,” tutup Tumbelaka

Sementara itu, salah salah satu anggota DPRD Provinsi Sulut dari Partai Golkar dapil Bolmong Raya, Raski Azhari Mokodompir memberi ucapan selamat bertugas kepada para pjs kepala daerah. “Sekalipun tidak terakomodirnya putra BMR dalam penempatan Pjs. di 5 Kab/Kota di Sulut ini, tapi dalam kesempatan ini saya menyampaikan selamat menjalankan tugas sebagai Pjs. Bupati/Walikota,” ungkap aleg 3 periode ini.

Ia berharap, semoga kehadiran Pjs ini bisa membawa kesejukan di daerah masing-masing dalam menyambut Pilkada 9 Desember nanti.

 

Tim Totabuan News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.