Polisi Berkamera Bakal Pantau Pelanggar Lalu Lintas

0
75

TNews, NASIONAL – Polda Jawa Tengah dalam penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik bulan ini tidak hanya mengandalkan kamera yang terpasang di titik tertentu. Namun ada pula kamera mobile dengan action cam yang dipasang di helm polisi lalu lintas.

Hal itu diungkapkan Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudy Syafirudin usai melakukan bimbingan teknis penyidikan tindak pidana lalu lintas di Gedung Borobudur Polda Jateng. Rudy mengatakan ETLE di Jateng akan berlaku mulai tanggal 17 Maret 2021.

“Persiapan, ETLE 17 Maret launching ada 27 titik kamera. Kita akan ajukan 50 titik lagi. Harapkan seluruh Jateng penindakannya lewat IT,” kata Rudy di Polda Jateng, Selasa (2/3/2021).

Dalam tilang elektronik itu untuk kamera pengawas ada 21 CCTV dan 6 speedcam. Selain itu, Rudy menegaskan setiap anggota polisi lalu lintas yang mengendarai motor akan memakai helm yang dilengkapi actioncam.

“Setiap anggota yang pakai roda dua (memakai helm berkamera), mobile. Kita ingatkan masyarakat kalau ada petugas berkamera jangan sampai melanggar. Dia akan langsung foto di kamera,” jelasnya.

Dengan kamera tersebut maka pelanggaran akan terekam dan petugas akan memperingatkan pelanggar. Untuk tilangnya akan dilakukan dengan sistem elektronik sehingga petugas akan memasukkan data ke sistem ETLE.

“Anggota melakukannya patroli, pelanggar diingatkan pelanggarannya dan sampaikan sudah ditilang lewat kamera di helm. Saat anggota pulang nanti tugasnya kirim (hasil rekaman kamera) ke ETLE. Setelah dikirim ke aplikasi kami nanti akan verifikasi, kemudian akan kirim (pemberitahuan ke pelanggar),” jelasnya.

Rudy berharap dengan upaya-upaya itu masyarakat jadi semakin paham untuk mematuhi aturan lalulintas dan selamat dalam berkendara.

“Selain menghemat, kita juga memintarkan masyarakat secara permanen. Kalau melanggar pasti datang surat. Kalau 3 kali tidak direspon, STNK diblokir, bisa termasuk SIM,” tegasnya.

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.