Proyek DAK di Disdikpora tak Jalan

0
192
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Totabuanews.com, Bolsel – Pelaksanaan kegiatan proyek fisik di Dinas pendidikan pemuda dan olahraga tahun anggaran 2012 yang dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK), hingga kini belum satupun terealisasi. Dana sebesar 8 miliar yang dikucurkan pemerintah pusat itu, terpaksa tidak bisa dikelola pada tahun ini.

Bahkan sejumlah elemen masyarakat mempertanyakan, terkait tindak lanjut pembangunan untuk sarana pendidikan yang masih butuh penanganan lebih lanjut oleh pemerintah daerah. Sebab selain masih minim fasilitas, infrastruktur sejumlah sekolah sejumlah desa banyak yang belum memadai.

Namun Kadis Dikpora Bolsel Hartati Manggo saat dikonfirmasi menggakui hal itu. Menurut Maango tidak jalannya kegiatan karena petunjuk teknis (Juknis) yang bermasalah.

Meski Juknis turun pada maret lalu, namun pelaksanaannya bertentangan dengan Peraturan mentri dalam negeri (Permendagri).

“Maret memang Juknis sudah turun, pelaksanaannya dengan dilaksanakan secara swakelola. Tapi itu bertentangan dengan Permendagri yang mengamanatkan dengan cara lelang sesuai dengan Perpres 54. Sehingga kita tak mau ambil resiko ,” terang Maango yang didampingi Kabid Dikdasmen Ramli Majid.

Dijelaskanya,Dikpora telah melakukan konsultasi ke Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) untuk menanyakan soal ketentuan yang harus diikuti. Namun kata Maango, masih menungguh kesepakatan tiga mentri yakni mentri keuangan, mentri dalam negeri, dan mentri pendidikan dan kebudayaan.

Hanya saja, lanjut Maango, Juknis yang mengamanatkan sistem swakelola turun terlambat, yaitu pada November lalu. Namun dilihat dari waktu yang ada terlalu singkat. Sehingga direncanakan akan dilaksanakan pada 2013 mendatang.

” Belum pasti apa Januari atau Februari. Yang pasti tahun depan akan segera dimulai kegiatan DAK,” ujarnya. (chan/hasdy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.