Pusat Percayakan Minut Kelolah DAK TA 2023 Rp. 249,7 M

0
408
Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, SE, MAP, MM, MSi dan Kevin W Lotulung, SH,MH

Reward Pemerintah Pusat Atas Capaian Kinerja dan Prestasi JGKWL Pimpin Pemerintahan Minahasa Utara

Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, SE, MAP, MM, MSi dan Kevin W Lotulung, SH,MH

TNews, Minut Sulawesi Utara – Kabupaten Minahasa Utara (Minut) patut berbangga dengan capaian kinerja dan prestasi pemerintahan Bupati Joune J. E. Ganda, SE. MAP, MM, M.Si dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung, SH. MH, yang mendapatkan penghargaan Pemerintah Pusat dengan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023, sebesar Rp249,718.249.000 yang terbagi untuk DAK Fisik sebesar Rp144.562.985.000 dan untuk non Fisik Rp105.155.264.000, yang dikelolah oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Teladan, JGKWL Berdoa sebelum melaksanakan aktivitas pemerintahan di Minahasa Utara (Foto : Ist)

Kabar menggembirakan di penghujung Januari 2023 ini, diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika serta Persandian Robby Perengkuan berdasarkan data Kepala Badan Keuangan Carla Sigarlaki.

Robby Perengkuan menjelaskan, pada gambaran umum APBD Minut Tahun Anggaran 2023 sesuai data Keuangan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, terdapat total APBD sebesar Rp. 1.045.494.432.685 dan sebesar Rp. 931.219.787.550 berasal dari pendapatan transfer. Untuk pendapatan transfer mencapai 89,07% dari total target pendapatan di APBD.

 

Disaksikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Bupati Minut Joune Ganda, Presiden Jokowi resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan. (Foto : Ist)

“Pendapatan transfer tersebut berasal dari Pemerintah Pusat melalui transfer umum (DAU dan DBH) dan transfer khusus (DAK) dan juga dari Pemerintah Provinsi melalui Dana Bagi Hasil Pajak Provinsi,” jelasnya.

Selanjutnya oleh Kepala Badan Keuangan Carla Sigarlaki menyebutkan perincian yakni pada tahun 2023 ini juga, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mendapat alokasi DAK Fisik sebesar Rp144.562.985.000 seluruhnya diarahkan untuk pemenuhan insfrastruktur pelayanan publik sesuai juknis dari masing-masing kementerian terkait. Dan untuk alokasi DAK Non Fisik tahun 2023 sebesar Rp105.155.264.000.

Pelabuhan ASDP Munte Likupang diharapkan mampu memberikan kontribusi PAD untuk Minut (Foto : Ist)

“Besarnya alokasi dana transfer dari Pemerintah Pusat kepada Pemkab Minut tidak lepas dari peran Gubernur Olly Dondokambey serta Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung, dalam melakukan berbagai upaya koordinasi serta bersinergi dengan pemerintah pusat dan tentunya juga tidak lepas dari penilaian pemerintah pusat atas kinerja baik dari Pemkab Minut melalui berbagai prestasi dan penghargaan yang dicapai di tahun-tahun sebelumnya,” Jelas Carla.

Untuk PAD sendiri, ulas Carla, memilliki kontribusi sebesar Rp114.274.645.135 atau sebesar 10,93% dari total target pendapatan. Walaupun memang diakui kontribusi PAD masih rendah, namun Pemda melalui instansi teknis terus melakukan berbagai upaya untuk peningkatan PAD, dengan berbagai kegiatan intensifikasi maupun ekstensifikasi pajak dan retribusi serta berbagai inovasi dan terobosan digitalisasi pendapatan melalui penyediaan berbagai kanal-kanal pembayaran digital yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai wajib pajak.

Fungsional lain Bendungan Kuwil Kawangkoan adalah Pariwisata dan Pembangkit Listrik semata memiliki nilai ekonomis untuk warga Minut (Foto : Ist)

Kaban Carla kemudian membeberkan, jika alokasi belanja pada APBD tahun anggaran 2023 sebesar Rp1.047.494.432.685 digunakan untuk pemenuhan belanja mandatory spending sesuai amanat ketentuan peraturan perundang-undangan antara lain bidang pendidikan, bidang kesehatan serta kewajiban alokasi transfer kepada pemerintah desa. Dimana, belanja pada APBD juga diarahkan untuk pemenuhan urusan wajib termasuk pemenuhan pelayananan dasar Standar Pelayanan Minimal (SPM), pembangunan infrastruktur pelayanan publik termasuk dukungan untuk memperkuat DPSP Likupang serta untuk penanggganan dampak inflasi melalui berbagai belanja perlindungan sosial kepada masyarakat.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Minahasa Utara Carla Sigarlaki, Sekda Minut Novly Wowiling dan Asisten III Revino Dondokambey dalam kegiatan pengelolahan keuangan bersama BPK barubaru ini (Foto : Meiyer/TN)

“APBD merupakan salah satu instrumen yang digunakan Pemda untuk melayani masyarakat. Dengan potensi pendapatan tersebut Pemda Minut berupaya agar seluruh kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi,” lanjutnya.

Adapun, untuk porsi belanja pembangunan insfrastruktur pelayanan publik pada APBD T.A 2023 mencapai 25,17%. Pemkab Minut tetap konsisten secara bertahap dan berkelanjutan untuk menyesuaikan porsi belanja infrastruktur pelayanan publik daerah agar mencapai persentase 40% sesuai amanat peraturan perundang-undangan. Selain belanja untuk pembangunan insfrastruktur terdapat juga kebutuhan prioritas lain sama penting dan harus dipenuhi oleh Pemda antara lain belanja BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan untuk masyarakat.

“Untuk penguatan DPSP Likupang telah dilakukan Pemda sejak tahun 2022 baik dukungan dalam bentuk pendanaan maupun kepastian bukti kepemilikan lokasi/lahan tempat pembangunan insfrastruktur DPSP. Dan hal tersebut akan terus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Dimana juga, tahun 2022 telah dianggarkan belanja perencanaan pengembangan DPSP pada APBD tahun anggaran 2022 sebagai dana pemdamping atas pembangunan insfratruktur dari Pemerintah Pusat,” ujar Carla.

Kemudian terkait komposisi belanja pegawai di Minut, saat ini mencapai 31,20% dari total belanja daerah. ‘Pemkab Minut tetap konsisten secara bertahap dan berkelanjutan untuk terus melakukan penyesuaian porsi belanja pegawai, untuk mencapai amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu 30 persen dari total belanja yang ada,” kata Kaban diakhir penjelasannya. (Penyunting Meiyer Tanod/Humas/Advetorial)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.