Revitalisasi Pasar Airmadidi Berbanderol RP. 50 M Direncanakan Juni 2023

0
183
Ketua DPRD Minut Denny K Lolong, S.Sos ketika berdialog dengan salah satu pedagang di pasar Airmadidi saat kunjungan kerja, (Foro : Ist)

Denny Kamlon Lolong : Program ini adalah tindak lanjut dari kunjungan Presiden RI Bapak Jokowi

TNews, Minut Sulawesi Utara – Kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke pasar Airmadidi beberapa waktu lalu, ternyata berbuah manis dengan diperhatikannya kondisi pasar Ikonik Airmadidi ini oleh Pemerintah Pusat.

Ketua DPRD Minut, Denny K Lolong S. Sos, ketika brrsama Badan Anggaran Dewan Minut di ketika turun lapangan ke pasar Airmadidi, Selasa (07/02/2023) mengatakan, pasar Airmadidi masuk dalam program revitalisasi pasar yang nantinya pada bulan Juni 2023. “Tujuan kita ke sini hari ini adalah menindaklanjuti kunjungan Presiden Republik Indonesia bapak Jokowi beberapa waktu lalu, menyangkut rencana revitalisasi pasar. Dan syukurlah dalam waktu dekat rencana revitalisasi Pasar Airmadidi akan direalisasikan oleh Pemerintah Pusat,” kata Lolong.

Sementara itu, sebagai tahap awal, adalah menjadi tugas Dinas Perdagangan dan PUD Klabat untuk melaksanakan sosialisasi kepada para pedagang dan masyarakat, terkait program revitalisasi ini dengan langkah awal melakukan Relokasi padagang. “Untuk pedagang akan dilerokasi tempat berjualannya ke sisi sebelah utara sana tepatnya di lokasi yang saat ini ditempati para penjual cabo (pakaian bekas),” beber Delon. Ketika tanya terkait anggaran, Denny mengakatan sudah dialokasikan sebesar 50 Miliar Rupiah leh pemerintahn pusat untuk pelaksanaan proyek tersebut.

“Anggaran proyek langsung oleh pemeruntah pusat, sehingga sama sekali tidak menggunakan APBD Minut. Juga termasuk pelaksanaan pekerjaan semua dilaksanakan dari pusat. Tingga kita di daeraH mendukung dengan melakukan pengaturan relokasi pedagang sehingga tidak menghalangi proyek ini,” kata Denny Lolog.

Kepala Dinas Perdagangan Minut, Drs Maximilian Tapada MSi, mengatakan, untuk proses tender itu sendiri dimulai pada bulan April dan Mei 2023. “Pelaksanaan pekerjaan revitalisasi ini, berdasarkan pemberitahuan pemerintah pusat melalui bupati Minahasa Utara Bapak Joune S.E Ganda, SE, MAP, MM, MSi, akan dimulai pada Juni atau Juli tahun ini. Untuk relokasi padagang, sejauh ini tidak ada hambatan sebab tidak ada penolakan,” ujar Tapada.

Untuk pelaksanaa sosialisasi relokasi sendiri, Tapada mengungkapkan bahwa pihaknya akan menggadeng kelompok-kelompok pedagang secara bergilir. “Kita akan melakukan secara bergilir, sehingga maksud dari penataan pasar ini dipahami oleh seluruh pedagang di pasar Airmadid, tidak ada yang terlewati,” tegas salah satu Pamong senior miik pemkab Minut ini.

Direktur Utama PUD Klabat, Masye Dondokambey SPd selaku pengelolah pasar Airmadidi mengatakan, menyambut program revitalisasi pasar yang perkjaannya dilaksanakan tahun ini, pihaknya sudah menyiapkan beberapa titik lokasi sebagai tempat relokasi para pedagang.

“Ada tiga lokasi yang kami persiapkan dalam mendukung rencanan revitalisasi pasar Airmadidi, yakni Gedung Tumatenden, Pasar Sukur serta Pasar Dimembe, sehingga program revitalisasi sebagai bukti kunjungan Presiden Jokowi terlaksana sesuai dengan yang diharapkan,”papar Masye (Penulis Meiyer Tanod)

#EkspolreLIKPANG  #MinutHEBAT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.