Satgas Covid-19 Sulut Sebut Kotamobagu Bakal Masuk Transmisi Lokal

0
3582

TNews, KOTAMOBAGU – Meski belum adanya pertambahan jumlah positif untuk perkembangan kasus epidemologi khusus klaster Gowa, masyarakat Kota Kotamobagu diimbau terus waspada. Pasalnya, klaster ini sudah melahirkan generasi ke dua kasus.

“Jadi artinya begini, ada sebagian kasus dari ke enam ini, mereka tidak melakukan perjananan ke acara yang sama (Ijtima Gowa), tapi karena bagian dari kontak erat, sehingga menjadi kasus positif baru,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut, dr. Steaven Dandel, Kamis, (07/05/2020).

Sesuai dengan Permenkes nomor 9 tahun 2020 tentang Penetapan PSPB, prasyarat atau definisi operasional transimisi lokal adalah bila, ditemukan bukti ilmiah, penyelidikan epidemologic, bahwa telah hadir generasi ke dua atau ke tiga, mekanismenya sudah bisa dikatakan transmisi lokal.

“Implikasinya kepada sistem survilance (pengawasan) di rumah sakit, artinya teman-teman petugas di rumah sakit harus waspada, kalau dulu mereka menggunakan kriteria PDP, seorang yang melakukan perjalanan dari daerah transmisi lokal, tetapi ketika sudah ada kasus transmisi lokal di wilayah mereka, maka setiap orang dengan gejala batuk, demam, apalagi dengan gangguan pernafasan mereka harus menaikkan statusnya menjadi PDP. Jadi semua orang yang masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD), harus dikategorikan sebagai PDP, jika memenuhi persyaratan. Hal ini juga yang terjadi di Sulut, setelah pemerintah pusat menetapkan sebagai transmisi lokal, jumlah PDP langsung meningkat drastis,” jelasnya.

Sesuai pra syarat epidemologic kementerian, lanjutnya, secara keseluruhan, ada tiga kota di Sulawesi utara yang bisa dikategorikan transmisi lokal, Kota Manado, Kota Tomohon, dan Kota Kotamobagu.

“Bagi suatu daerah, untuk bisa dicabut status transmisi lokalnya indikasinya tidak ada status aktif. Semua yang dirawat terkonfirmasi sembuh. Kemudain setiap orang yang datang ke fasilitas kesehatan dengan gejala covid harus diperiksa dan tidak lagi positif covid,” pungkasnya.

Neno Karlina

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.