Sejarah Desa Sonuo

0
663

Desa SonuoTOTABUANEWS.COM, Pada zaman dahulu kala, Desa Sonuo yang terdapat di kecamatan Bolang Itang barat, menurut cerita para leluhur masih hutan belantara. Sehingga, orang-orang tua pada jaman tersebut, sepakat untuk menebang pepohonan hutan belantara tersebut, untuk dijadikan sebuah pemukiman.

Awalnya, hanya empat orang saja yang bermukim di daerah ini, salah satu yang paling menonjol dan dikenal pemberani yaitu B. Baguna, dia berhasil mengusir orang-orang dari luar daerah yaitu suku Mindanao yang ingin menempati daerah tersebut.

Sementara, asal nama desa ini berasal dari kata Sonuo yang berarti orang-orang yang dalam perjalanan hanya berhenti di Desa ini karena dihalangi oleh Baguna.

Waktu berjalan hingga tahun 1901, terpilihlah seorang sangadi atau pemimpin kampung pertama, bernama Frets Bangko. Sampai saat ini masyarakat di Desa Sonuo pun terus bertambah banyak, sedangkan Pemerintahan Desa (sangadi) sudah 18 generasi.

Luas wilayahnya sendiri sebesar 1.146,5 Ha dengan jumlah penduduk saat ini 1.460 jiwa, terdiri dari 793 jiwa (laki-laki), dan 667 jiwa (perempuan) yang terbagi dalam 327 Kepala keluarga. (eky/fahmi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.