Tahun Depan Pemkab Bolsel Naikkan Gaji Aparat Desa

0
225
Herson Mayulu
Herson Mayulu
Herson Mayulu
Herson Mayulu

TOTABUANEWS, Molibagu – Sebagai bentuk motivasi terhadap kinerja para Sangadi (Kepala Desa) serta aparat desa lainnya, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dibawah kepemimpinan Bupati Hi Herson Mayulu (H2M) menaikkan gaji (tunjangan) aparat desa.

Langkah ini sebagai komitmen Bupati H2M dalam memotivasi kinerja sangadi dan aparat desa dalam melaksanakn program pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan di tingkat desa.

Disamping itu, kata H2M, juga untuk mensejahterakan sangadi/aparat desa agar dalam memberikan pelayanan dan kinerja lebih cepat, tepat dan profesional.

“Sangadi adalah ujung tombak pemerintah dalam menjalankan program pembagunan daerah. Untuk itu gaji mereka dinaikan,” terang Om Oku sapaan akrab Bupati.

Bupati menegaskan, dengan dinaikan gaji sangadi/aparat desa maka kinerja harus lebih di tingkatkan.

“Jangan sebaliknya. Untuk itu tahun 2015, pengawasan kinerja sangadi akan lebih ketat. sangadi dan aparat jika lalai melaksanakan tugas dengan kenaikan gaji,maka akan di berikan sanksi. Kinerja mereka akan dievaluasi, mulai dari pengelolaan Bumdes, pelaksanaan Program ADD, dan semua yang berkaitan dengan urusan pemerintahan di desa,” tukas Bupati pilihan rakyat pertama ini.

Sementara itu, nominal gaji sangadi/aparat itu bervariasi. Gaji sangadi tahun 2015 menjadi Rp1,9 juta, Sekdes non PNS Rp1 Juta, Porobis dan Kepala Dusun Rp.750 ribu.

“Ini semua komitmen Pemerintah untuk memperhatikan kesejateraan para sangadi dan aparat desa. Apalagi saat ini ada beberpa desa yang telah melaksanakan Pilsang, sehingga otomatis sangadi yang terpilih dan setelah dilantik, maka tahun 2015 nanti sudah akan menikmati gaji baru. Anggaranya sudah ditata di APBD berdasarkan kajian dan pertimbangan kemampuan keuangan daerah,” pungkas Bupati H2M.

 

Peliput: Marshal Raldy Datundugon

Editor: Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.