Tersiar Kabar Akan Terjadi Tsunami, Ribuan Warga Boltim Mengungsi

0
4752

TOTABUAN.NEWS, BOLTIM – Ribuan warga Desa Kotabunan bersatu dan Desa Bulawan bersatu Kecamatan Kotabunan, Kebupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengungsi ke wilayah perbukitan jalan antara Desa Bulawan dan Desa Buyat, karena termakan informasi akan terjadinya tsunami. Pada Jumat (28/12).

Padahal hingga kini, tak ada informasi resmi dari BMKG terkait peringatan akan terjadinya tsunami di wilayah tersebut. 

Kepala Markas PMI Boltim. Indra Gaib mengatakan” tsunami terjadi karena ada gempa bumi yang berkekuatan 7 skala ricer, sementara di wilayah ini tidak ada gempa jadi masyarakat jangan panik atau termakan dengan isu yang beredar di media sosial (medsos),”terangnya.

Ia juga menjelaskan “Ombak yang terjadi ada di wilayah laut sulawesi. Sedangkan laut yang ada di Kotabunan dan Bulawan adalah laut Maluku jadi jangan mudah percaya dengan isu tersebut,”jelasnya. 

Sementara salah satu warga Desa Bulawan Rusdi mengaku, masyarakat menerima informasi dari mulut ke mulut yang berasal dari media sosial, kemudian memunculkan reaksi ketakutan sehingga mereka memilih mengungsi. Berdasarkan informasi yang ia peroleh, tsunami akan melanda wilayah ini. (Za)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.