Tujuh Warga Touna Tunggu Hasil Swab Test

0
35
Loading...

TNews, AMPANA – Terkait  Perkembangan data terbaru Covid  19 di kabupaten Tojo Una-Una  Tim Gugus Tugas  Penanganan Covid-19 mengelar Konfrensi Pers Rabu (20/05/2020) bertempat  di Posko media Center di jalan yos Sudarso Ampana.

Konfrensi Pers tersebut dihadiri  oleh Juru bicara Covid 19 Alfian Matajeng, Sekertaris dinas kesehatan Touna Taufan H Tandri,Anggota DPRD jafar M Amin, dan  direktur Rumah sakit umum daerah Ampana Dr. Niko

Alfian menuturkan pada awak media perkembangan data terbaru untuk Touna jumlah orang dalam resiko (ODR)  sebanyak 2.476 Orang, yang terdiri dari  pelaku Perjalanan  baru ada 47 orang, ODR pelaku dalam pemantauan 342 Orang, ODR pelaku yang selesai dipantau 2.134 Orang. Untuk  orang tampa Gejala (OTG) sejumlah 7 orang, dan saat ini dalam pantauan.

Tambahan Alfian, untuk orang dalam Pemantauan  (ODP) 25 orang, ODP Baru 1 orang, ODP dalam Pemantauan 5 Orang, ODP selesai pemantauan sebanyak 20 orang,ODP Meninggal 1 orang. “selanjutnya untuk pasien dalam pengawasan  (PDP) 1 Orang,PDP selesai pemantauan 6 Orang,dan PDP meninggal 0.Pasien Positif Tidak Ada,” turunya

Kata Alfian data terbaru untuk OTG  saat ini berdasarkan hasil rapid tes dengan hasil  reaktif sejumlah 7 orang, dan masih menunggu hasil Swab.

Alfian menegaskan bahwa 7 orang tersebut hasilnya  Reaktif dan ini bukan sebuah aib, dan belum bisah disikapi secara berlebihan, untuk  rapid tes dan uji  Swab itu berbeda. Kata Alfian “untuk uji Rapidtes hasilnya Reaktif atau non reaktif, jika pasien di nyatakan Reaktif belum pasti terpapar Covid 19.untuk uji Swab hasilnya itu hanya dua  Positif dan negatif, kalau dia postif itu sudah pasti terpapar Covid 19,kalau negatif itu.

Olehnya itu kata Alfian penanganan,pencegahan penyebaran penularan Virus Corona diharapkan masyarakat tidak terlalu panik,untuk itu bupati Muhamad Lahay selaku ketua  Covid 19 menyarankan masyarakat touna, senantiasa patuh, disiplin melaksanakan  Protokol kesehatan.

“Masyarakat diharapkan bisah mengambil bagian tangung jawab masing-masing yakni bila diluar rumah harus mengunakan Masker, Cuci tangan pakai sabun,tangung jawab yang sederhana ini dapat bermanfaat memutus mata rantai perkembangan Covid 19 di touna.” pungaksnya.

 

Dales Lantapon

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.