Unsrat ‘Mengabdi’ Untuk Bolmong

0
24

TNews, BOLMONG – Dalam rangka Kegiatan Dies Natalis Universitas Samratulangi (Unsrat) ke 58, di Bolaang Mongondow (Bolmong), Unsrat akan berbagi dan memberikan pelayanan untuk masyarakat Bolmong. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang, kedatangan Civitas Akademi dan Mahasiswa Unsrat di Bolmong yaitu untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelayanan langsung. “Unsrat akan melakukan pengabdian kepada Bolmong dalam rangka Dies Natalis ke 58 mereka, yakni dengan melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat seperti Pengobatan Gratis, Penyuluhan dan Pelatihan,” tandas Sekda Bolmong.

Untuk jadwalnya, pagi sekitar pukul 05.00 subuh, rombongan akan berangkat dari Manado. Siang setelah tiba di Bolmong, rombongan akan dibagi ke beberapa wilayah dan langsung akan melaksanakan tugas. Pukul 09.00 – 12.00 akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan yang rencananya akan dilaksanakan di Desa Lolak Kecamatan Lolak dan Desa Inobonto Kecamatan Bolaang.

Pukul 13.30 – 17.00 pelatihan perikanan masyarakat pesisir  oleh Fakulas Perikanan di Desa Maelang. Peyuluhan pelatihan mitigasi kebencanaan oleh Fakultas Teknik dan Fakultas Mipa yang rencananya akan dilaksanakan di Pantai D’Lolak.

Pukul 13.30 – 17.00 akan dilaksanakan penyuluhan pertanian ketahanan pangan oleh Fakultas Pertanian rencananya akan dilaksanakan di Desa Mopugad Kecamatan Dumoga Utara. Penyuluhan pengelohaan limbah pertanian seperti Jerami Padi, jerami jagung sebagai Pakan ternak Sapi dan melaksanakan Vaccinasi Rabies oleh Fakults  Peternakan.

 

Pelatihan Pertanian Holticutura/ Kopi Arabika oleh

Fakultas Pertanian di Desa Poopo Barat Kecamatan

 

Passi Timur .

Pelatihan Bahasa Asing, Pariwisata, Metode penyusunan sejarah desa, Bahasa

Korespondensi Administrasi Pemerintahan oleh Fakultas Ilmu Bahasa bertemppat di Kantor Bupati.

Penyuluhan Hukum oleh Fakultas Hukum di Desa Mogoyunggung II Kecamatan Dumoga Timur. Penyuluhan pengelolaan dan pertanggungjawaban dana desa oleh Fakultas Ekonomi dan dilanjutkan dengan penandatanganan Mou antara

Pemkab Bolmong dan Unsrat bertempat di Rumah Dinas Bupati di Lolak.

Pukul 17.00 – 19.00 rombongan istirahat di rumah dinas  Bupati dilanjutkan makan malam, bakar Ikan dan Karaoke di Pantai D’Lolak.

Sabtu, 20 Juli 2019 usai sarapan pagi, rombongan menuju wisata daerah Holtikutura di Desa Insil Kecamatan Passi Timur sampai selesai. Rencannya siang rombongan balik ke Manado.

Sekda Menambahkan, Kedatangan Unsrat sangat membantu Bolmong, karena sebab kedatangan mereka membawa ilmu bagi masyarakat yang ada. Seperti penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum, pelayanan kesehatan dan pelatihan lainnya.

 

 

Yogi Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.