Warga Desa Mopa’it berasal dari Desa Buyat dan Pontodon

0
354

TOTABUANEWS.COM, Bolmong – Penduduk Desa Mopa’it yang saat ini sudah sekitar 400 kepala keluarga (KK), ternyata dulunya berasal dari warga desa Buyat dan warga Desa Pontodon.

Berdasarkan penuturan dari sejumlah warga, konon terdapat sepasang suami istri warga Desa Buyat, Kecamatan Kotabunan mendatangi salah satu wilayah hutan belantara, dengan maksud membuka lahan tersebut untuk dijadikan sebagai lahan perkebunan.

Melihat potensi wilayah yang cukup dijadikan sebagai sebuah lahan perkebunan, sepasang suami istri yang baru saja menikah ini menetap ditempat tersebut. Hasil yang diperolehpun oleh keduanya sangat berlimpah, bahkan dengan hasil tersebut mereka mampu memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan. Hal ini kemudian memantik beberapa warga desa Buyat lainnya untuk berdatangan ditempat itu, sampai pada beberapa bulan berikutnya tingkat populasi penduduk semakin bertambah kurang lebih 50 Kepala Keluarga.

Seiring dengan berjalannya waktu, warga dari desa lain pun seperti Desa pontodon berdatangan ke daerah ini dengan tujuan yang sama, yaitu membuka lahan perkebunan.

Dengan berkumpulnya dua kelompok masyarakat dari tempat yang berbeda itu, kemudian terjadi perkawinan sampai mengalami peningkatan populasi penduduk yang cukup besar, hingga pada akhirnya kelompok masyarakat ini menjadikan wilayah tersebut sebagai pedukuan.

Elfan Tungkagi (27) salah satu Toko Pemuda Desa mopa’it, membenarkan cerita tersebut. Menurutnya, penduduk di Desa mopa’it sebagian besar masih memiliki ikatan persaudaraan yang cukup erat.

“Warga mopait hampir sebagian besar masih memiliki ikatan persaudaraan. Karena, jika ditelusuri lebih jauh mereka hanya memiliki satu garis keturunan saja,” terang Tungkagi. (uncong)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.