Wali Kota Tidore Kepulauan Serahkan Laporan Keuangan 2022 ke BPK RI

0
9
Wali Kota Tidore Kepulauan saat menyerahkan laporan keuangan

TNews, TIDORE KEPULAUAN – Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim resmi menyerahkan Laporan Keuangan Kota Tidore Kepulauan Tahun Anggaran 2022 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara dalam acara penyerahan Laporan Keuangan TA 2022 oleh Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Maluku Utara, yang bertempat di ruang Auditorium Gedung BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara di Ternate, Jum’at (31/3/2023).

Didaulat menyampaikan sambutan singkat pada acara penyerahan LKPD Tahun Anggaran 2022 tersebut, Wali Kota Tidore Kepulauan mengharapkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), baik di Kota Tidore Kepulauan maupun Pemerintah Daerah lainnya di Provinsi Maluku Utara untuk kooperatif memberikan data, informasi dan klarifikasi yang dibutuhkan oleh tim BPK sehingga proses pemeriksaan terperinci selama 40 hari kedepan berjalan dengan baik dan lancar.

“Tentunya kami berharap fungsi pembinaan yang dilakukan oleh tim BPK bukan karena mengedepankan kasus, tapi bagaimana melakukan pembinaan dan penataan lebih baik dalam tata kelola keuangan daerah, sehingga sesuai harapan kita semua kedepannya dan tidak terlalu banyak muncul permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan keuangan daerah,” tutur Ali Ibrahim.

Lebih lanjut, Wali Kota Tidore dua periode ini menambahkan, sebagai Kepala Daerah yang telah berusaha optimal dalam menyusun LKPD Tahun Anggaran 2022, kami berharap Insya Allah dapat memperoleh opini terbaik dari BPK kepada seluruh Pemerintah Daerah, baik Pemda Provinsi maupun Pemda Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara.

Sementara, Ketua Perwakilan BPK RI Provinsi Maluku Utara, Marius Sirumapea dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka penyusunan laporan keuangan daerah maka disampaikan kepada Gubernur, Bupati dan Walikota, untuk dapat menyampaikan atau menyerahkan laporan pertanggungjawaban keuangan tersebut kepada BPK RI perwakilan Provinsi Maluku Utara paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Jadi Bapak Ibu, ini adalah hari terakhir setelah 3 bulan kita mulai mencoba berdiskusi dengan pemerintah daerah terkait penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022, setelah ini akan ada pemeriksaan terperinci oleh tim BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara, kami berharap segala data yang kami butuhkan selama pemeriksaan tersebut agar dapat ditindaklanjuti secepatnya,” ucap Marius.

Hadir mendampingi Wali Kota Tidore dalam penyerahan laporan keuangan tersebut, Sekertaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo, Kepala Inspektur Daerah Kota Tidore, Arif Radjabessy, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Amir Gorotomole. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.