28 Hektar Lahan dan Hutan di Tayawa Tojo Una-Una Dilalap Si Jago Merah

0
59
Gambar : 28 Hektar Lahan dan Hutan di Tayawa Tojo Una-Una Dilalap Si Jago Merah, Tojo una una (11/10/2023).

TNews, TOUNA – Hutan dan lahan serta perkebunan kelapa milik masyarakat Desa Tayawa Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una dilalap si jago merah Rabu (11/10/2023).

Berdasarkan informasi yang diterima media ini, diperkirakan luas area yang terbakar itu mencapai 28 hektar.

Api menyala sejak Pukul 13.00 WITA dan berhasil dipadamkan pukul 16:00 WIB oleh tim gabungan.

Meski sudah berhasil dipadamkan namun api-api kecil masih tetap menyala dan jarak dari pemukiman kurang lebih 1 kilometer.

“Kejadian ini tadi siang tetapi Alhamdulillah apinya berhasil dipadamkan,” ucap anggota Koramil Ampana Qosim melalui rillisnya.

Kronologis Kejadian:

Qosim menyebutkan sekitar pukul 12.00 WITA anggota tim gabungan dari Manggala Agni mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa telah melihat asap yang bersumber dari Dusun 3 Desa Tayawa.

Kemudian Danramil 1707-04 Peltu Adk Nurhidayat, dibantu masyarakat kurang lebih 40 orang langsung menuju lokasi untuk memadamkan kobaran api dengan alat tangki air, sambungnya.

Namun menurut Qosim dalam pelaksanaan pemadaman api tim gabungan mengalami kesulitan akan ketersediaan air, serta medan yang sulit dijangkau.

“Tim gabungan kesulitan air pak ditambah medannya sulit,” bebernya.

Dikatakan saat ini tim gabungan kembali menuju kediaman Kepala Desa Tayawa untuk melaksanakan konsolidasi dan mengatur kembali strategi pelaksanaan siaga kebakaran.

Adapun tim gabungan terdiri dari tim Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan wilayah, Tojo, BPBD Touna, Personel Koramil Kodim 1307 Koramil 04 Tojo, Personel Polsek Tojo, Pemerintah Kecamatan Tojo, warga masyarakat.

Sampai berita ini diterbitkan, belum dapat diketahui apa penyebab kebakaran hutan dan lahan tersebut.*

Reporter : Jefry

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.