6 Tempat Wisata di Sekitar Ratu Boko Yogyakarta

0
152
(foto google)

TNews, WISATA – Ratu Boko di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menawarkan wisata sejarah berupa reruntuhan keraton yang berkembang pada abad ke-8 hingga 10 Masehi.  Situs yang pertama kali terungkap pada tahun 1790 ini memiliki ketinggian 196 meter di atas permukaan laut (mdpl), serta memiliki luas sekitar 16-25 hektare.  Wisatawan bisa mengunjungi situs ini di Jalan Raya Piyungan – Prambanan Nomor 2, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Jaraknya 65-66 kilometer (km) dari Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kulon Progo atau sekitar 1 jam 30 menit.

Usai mengunjungi Ratu Boko, wisatawan bisa mendatangi tempat wisata lain yang lokasinya tidak terlalu jauh. Berikut rangkum tempat wisata di dekat Ratu Boko :

  1. Candi Prambanan

Bangunan Candi Prambanan dapat dilihat dari Ratu Boko, terutama saat cuaca cerah. Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara ini berlokasi di antara Kabupaten Sleman, DIY, dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jika dari Ratu Boko, maka jaraknya enam kilometer dengan waktu berkendara sekitar 14 menit.  Kompleks Candi Prambanan memiliki ratusan candi kecil. Ada tiga candi utama, tiga Candi Wahana, dua Candi Apit, dan delapan Candi Patok di halaman utama. Sedangkan, ada 244 Candi Perwara yang berada di halaman kedua.  Candi Prambanan dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan Rakai Balitung Maha Sambu. Terdapat legenda Roro Jonggrang dan Prabu Bondowoso di candi ini. Sementara itu, melansir borobudurpark.com, situs Ratu Boko merupakan istana dari ayah Roro Jonggrang.  Harga tiket masuk Candi Prambanan untuk wisatawan dewasa mulai dari Rp 50.000, sementara anak-anak mulai dari Rp 25.000.

  1. Tebing Breksi

Tempat wisata Tebing Breksi berupa perbukitan batuan breksi dengan corak yang unik. Letaknya di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.  Dari Ratu Boko jaraknya tiga kilometer dengan durasi perjalanan kira-kira 12 menit. Tebing Breksi dulunya lahan tambang yang aktivitasnya berhenti pada 2014 lantaran adanya larangan dari pemerintah. Wisatawan bisa menikmati pemandangan Kota Yogyakarta dan matahari terbenam (sunset) dari puncak tebing.  Mereka juga bisa berkeliling dengan jeep wisata, bersepeda, dan panjat tebing.  Harga tiket masuk ke Tebing Breksi mulai dari Rp 10.000 per orang.

  1. Candi Ijo

Candi Ijo sebagai salah satu candi tertinggi di Indonesia lantaran lokasinya di bukit dengan ketinggian sekitar 425 mdpl.  Candi Ijo merupakan salah satu tempat untuk menyaksikan pemandangan sunset.  Berdasarkan situs web Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, lokasi Candi Ijo ada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.  Wisatawan yang berangkat dari Ratu Boko bisa menempuh perjalanan selama sekitar 12 menit dengan jarak empat kilometer.  Candi Ijo disebut sebagai candi bercorak Hindu. Diperkirakan bangunan bersejarah ini dibangun pada 850-900 Masehi pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dan Rakai Kayuwangi dari Kerajaan Mataram Kuno.

  1. Candi Kalasan

Candi Kalasan berada di Dusun Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY. Jaraknya dari Ratu Boko hampir lima kilometer dengan durasi berkendara 12 menit.  Menurut situs web BPCB DIY, candi ini berhubungan dengan Prasasti Kalasan yang menyampaikan pendirian sebuah bangunan suci pada tahun 700 Caka atau 778 Masehi untuk seorang dewi dalam Buddha Mahayana, Dewi Tara.  Candi Kalasan memiliki tinggi sekitar 24 meter dan berada di atas alas bujur sangkar berukuran 45 x 45 meter.  Di sekeliling candi terdapat sisa-sisa stupa sebanyak 52 buah. Stupa-stupa tersebut menjadi tempat abu jenazah para pendeta yang jenazahnya dibakar setelah meninggal.

  1. Candi Plaosan

lokasi Candi Plaosan ada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, DIY.  Jaraknya dari Ratu Boko adalah 7-10 kilometer dengan waktu tempuh sekitar hampir 20 menit.  Kompleks candi ini terdiri dari kompleks Candi Plaosan Lor (utara) dan kompleks Candi Plaosan Kidul (selatan). Keduanya berada di lahan seluas 4.529,06 meter persegi,

Menurut para ahli, candi bercorak Buddha ini kira-kira dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan atau pada awal abad ke-9.  Namun, ada juga yang berpendapat bahwa candi ini didirikan sebelum masa pemerintahan Rakai Pikatan.  Selain sebagai tempat wisata sejarah, Candi Plaosan juga bisa menjadi lokasi foto sekaligus lokasi untuk menikmati panorama sunset.

  1. Obelix Hills

Obelix Hills merupakan salah satu tempat wisata kekinian lantaran soft opening-nya diadakan pada Mei 2021. Lokasinya ada di Dusun Klumprit I, II, Kalurahan Wukirharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Tempat wisata ini disebut berada di atas bebatuan purba. Dari Ratu Boko, jaraknya 7-11 kilometer dengan lama berkendara hampir 30 menit.  Obelix Hills memiliki lebih dari 30 spot foto dan tempat nongkrong. Wisatawan juga bisa memandangi panorama Yogyakarta dari ketinggian melalui salah satu spot foto bernama The Edge.

“Selain itu juga ada sky-deck yang kita kasih kaca sehingga bisa melihat jurang di bawahnya,” kata Manager Operasional Obelix Hills, Monnika Priyatno,

Menurut akun Instagram Obelix Hills, jam operasional tempat wisata ini pada 24 Desember 2021 – 2 Januari 2022 adalah pukul 07.00 WIB – 22.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 20.000.

 

Sumber : kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.