Air Terjun Tumpak Sewu Sepi Karena Virus Corona

0
139

TNews, WISATA – Wisata alam air terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang tidak hanya menjadi destinasi wisatawan domestik tapi juga mancanegara. Banyak turis dari sejumlah negara, seperti Cina, Korea, Rusia, Belanda, Itali, Jerman.

Namun, COVID-19 atau virus Corona membuat kunjungan wisatawan mancanegara di wisata di kaki Gunung Semeru tersebut mengalami penurunan. Sebesar 20 persen besarannya.

Hal tersebut disampaikan pengelola wisata alam air terjun Tumpak Sewu. Wisata alam air terjun yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan mancanegara sebanyak 1.000 hingga 1.500 itu kini hanya didatangi sebanyak delapan ratus wisatawan mancanegara.

Meski demikian, kunjungan wisatawan dalam negeri tidak mengalami penurunan yakni 2.000-2.500 dalam satu bulan.

“Wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Tumpak Sewu mengalami penurunan sebesar 20 persen akibat virus Corona. Biasanya kunjungan dalam satu bulan 1.000-1.500 wisman namun kini hanya 800-an wisman,” ujar Pengelola Wisata Alam Air Terjun Tumpak Sewu, Karim, Selasa (17/03/2020).

Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona tersebut, pengelola wisata menerapkan kebijakan kepada travel agen yang membawa wisatawan mancanegara ke wisata Tumpak Sewu membawa surat keterangan sehat dari dokter maupun rumah sakit.

“Kami dari pengelola wisata meminta kepada travel agen yang membawa wisatawan asing ke wisata ini untuk membawa surat keterangan sehat dari dokter maupun rumah sakit ” ujar Karim.

 

Sumber: Detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.