Begini Kondisi Destinasi Wisata Religi Dunia Saat Pandemi Wabah Corona

0
150

TNews, WISATA – Pandemi corona tak hanya mempengaruhi tempat wisata dan landmark populer dunia, tapi juga destinasi wisata religi. Berikut kondisinya kini pasca corona.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Rabu (1/4/2020), tak sedikit sejumlah negara yang melakukan lockdown atau penutupan akses keluar masuk terkait corona. Arab Saudi adalah salah satunya.

  1. Arab Saudi

Mulai dari penutupan sementara visa umroh hingga pengosongan Ka’bah di Makkah untuk disemprot disinfektan beberapa waktu lalu, Arab Saudi merupakan salah satu negara yang begitu ketat.

Kabar terakhir, pihak pejabat Saudi telah memutuskan kebijakan berupa penutupan kedua masjid di Makkah dan Madinah antara salat Isya dan salat Subuh. Termasuk larangan membawa makanan.

Kebijakan itu juga berlaku untuk Bukit Safa dan Marwa dalam Masjid Agung Makkah. Begitu juga dengan tempat air zamzam yang populer di kalangan wisatawan.

Hal itu dilakukan oleh pihak pejabat Arab Saudi agar lebih mudah mengontrol kebersihan di dua kota suci sekaligus mencegah penyebaran virus corona lebih jauh.

  1. Yerusalem

Selain Arab Saudi, objek wisata nasrani di tempat kelahiran Yesus di Bethlehem juga terdampak oleh virus corona. Seruan penutupan dikeluarkan oleh pihak Kementerian Kesehatan Palestina bagi gereja lokal serta masjid dan lembaga lain ditutup sementara waktu.

Hal itu menjadi buntut dari sejumlah kasus diduga corona di hotel di Kota Bethlehem, Tepi Barat Israel.

  1. Vatikan

Takhta Suci Vatikan juga ikut terdampak akibat virus corona. Hal itu pun diketahui lewat pernyataan dari Direktur Kantor Pers Vatikan, Matteo Bruni pada awal Maret lalu.

Dalam pernyataannya, Matteo mengumumkan perihal penutupan sementara layanan kesehatan di kota suci tersebut sebagai bentuk penanggulangan penyebaran corona yang mewabah di Italia.

Tidak sampai situ, Keuskupan Roma juga telah membatalkan sementara segala kegiatan non-sakramental atau di luar misa. Contohnya seperti kursus persiapan nikah hingga kegiatan ziarah.

Hal serupa juga disaksikan saat momen misa Jumat pekan lalu (27/3) oleh Paus Fransiskus di Basilika St Pietro yang tidak dihadiri oleh umat. Hal itu jadi wujud misa sekaligus aksi Vatikan untuk melindungi umatnya dari virus corona. Semoga pandemi ini segera usai.

 

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.