Desa Wisata di Mabar Tawarkan Sensasi Liburan Akhir Tahun, Intip Yuk!

0
80
Potret Bukit Porong Tedeng, Desa Wisata Coal, Manggarai Barat, NTT (Foto: Antara)

TNews, WISATA – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Porong Tedeng di Desa Wisata Coal menawarkan sensasi liburan akhir tahun 2022 dengan paket wisata atraksi alam dan budaya bagi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

“Ada keindahan alam dan budaya yang ditawarkan oleh Desa Wisata Coal yang menjamin liburan akhir tahun wisatawan menjadi lebih berbeda dari biasanya,” kata Ketua Pokdarwis Porong Tedeng Alfonsius Sumarno Patut di Labuan Bajo, Selasa, (27/12/2022).

Wisatawan yang memilih berlibur ke Coal, Kecamatan Kuwus ini akan mendapatkan banyak pilihan atraksi. Pertama, wisatawan dapat menikmati keindahan alam pegunungan yang sejuk lewat Wisata Bukit Porong “Negeri Sejuta Harapan”. Dalam pilihan wisata ini, pengunjung dapat menikmati pesona alam dan keindahan matahari pagi atau sunrise dari atas bukit dilengkapi dengan spot foto yang instagrammable.

Selanjutnya, wisatawan dapat terlibat dalam aktivitas utama masyarakat Desa Coal lewat Tur Uma Duat. Dalam tur ini, wisatawan akan diperkenalkan dengan salah satu falsafah hidup masyarakat dari kebun kopi. Mereka akan melihat langsung proses pengolahan kopi secara tradisional dan menikmati seduhan kopi asli dari kebun.

Tak sebatas itu saja, pria yang akrab disapa Rhony menjelaskan wisatawan dapat menikmati kehidupan masyarakat lokal yang menghadirkan kebersamaan untuk menghidupkan halaman rumah dengan berbagai permainan tradisional seperti Caci, Rangkuk Alu, tarian Pua Kopi, serta permainan anak-anak lain.

“Kami mengemasnya dalam Tur Natas Labar yang menghadirkan harmoni antar generasi dan terus dipertahankan masyarakat hingga kini,” ungkapnya.

Sembari menikmati liburan akhir tahun yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, wisatawan akan disajikan kopi khas Coal yang diberi nama Kopi Ntala. Nama “Ntala” yang berarti bintang harapan menjadi komitmen para pemuda untuk menggantung cita-cita mereka setinggi langit dan terus memajukan pariwisata untuk diwariskan kepada anak dan cucu.

Dalam paket wisata yang mereka tawarkan, para wisatawan juga akan menikmati makanan khas dari Dapur Bukit Porong yang diolah langsung oleh ibu-ibu di desa. Wisatawan pun akan melihat berbagai jenis olahan khas Coal dan belajar langsung dari warga.

“Jadi berwisata ke Coal tidak sekadar menikmati keindahan alam tapi melebur bersama masyarakat dan mengenal lebih banyak tradisi dan budaya Manggarai di sini,” ucap Rhony.

Rhony mengatakan Desa Coal merupakan salah satu desa wisata di Manggarai Barat yang telah siap dalam memasarkan paket wisata baik secara daring maupun luring. Informasi pemesanan bisa dilakukan lewat berbagai platform yang telah tersedia.

“Bukit Porong sudah Go Digital, jadi calon tamu dapat mengunjungi website Desa Wisata Coal Bukit Porong dan segala informasi tentang produk wisata tersedia di sana,” katanya menandaskan.

Sumber: Antaranews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.