Destinasi Wisata Bali Kembali Dibuka

0
19
Ilustrasi Wisata Bali

TNews, WISATA – Setelah sempat lesu akibat dampak pandemi COVID-19, kini pariwisata di Bali mulai kembali bergairah. Diketahui, pada triwulan I 2022, terdapat peningkatan kunjungan turis ke Bali, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Hal ini menyusul semakin banyak banyaknya rute penerbangan dari dan ke Bali yang dibuka. Ditambah, gelaran puncak G20 Indonesia juga akan diselenggarakan di Bali tahun ini. Berkunjung ke bali, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang berpadu dengan budaya lokal, sehingga menjadikannya semakin eksotis.

Namun, perlu diingat saat menikmati pesona destinasi wisata #WonderfulIndonesia di Bali, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jangan sampai melakukan hal-hal yang kurang pantas selama berlibur di Pulau Dewata maupun berbagai destinasi #DiIndonesiaAja lainnya.

Untuk dapat menikmati pesona Bali dengan tenang dan nyaman, yuk simak 5 hal berikut yang dilansir dari lonelyplanet.

  1. Hormati Adat dan Budaya Sekitar

Setiap daerah memiliki adat dan budaya masing-masing, yang juga harus dipatuhi oleh wisatawan. Karena itu, sebagai turis kamu perlu memahami adat dan budaya masyarakat Bali sebelum berkunjung.

Dengan mengikuti kebiasaan di sana, kamu juga ikut melestarikan kebudayaan mereka serta hal yang mereka percayai. Hal itu juga menjadi bentuk apresiasi dari adat mereka. Untuk mengetahui informasi selengkapnya terkait destinasi wisata #WonderfulIndonesia, bisa follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia.

  1. Hati-hati dengan Hewan Liar

Bagi yang berencana melancong ke Bali, maka harus waspada dengan hewan-hewan liar di sana. Salah satunya monyet-monyet yang hidup bebas di area pura dan tempat-tempat wisata, misalnya di Pura Uluwatu.

Tidak jarang, para monyet tersebut iseng dan mengambil barang milik pengunjung. Selain itu juga banyak ditemukan anjing liar yang berkeliaran di Bali.

  1. Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Meski terkenal sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia, sayangnya sampah masih menjadi permasalahan di Pulau Dewata. Terlebih, di awal tahun 2022 lalu pantai dan beberapa tempat wisata di Bali sempat menjadi sorotan.

Hal ini lantaran banyaknya sampah, terutama sampah plastik yang menumpuk di sepanjang pantai. Karena itu pemerintah daerah setempat terus menggencarkan program Bali bebas sampah 2022.

Sebagai wisatawan, kamu tentu punya peranan untuk menjaga kelestarian alam dan tempat wisata di Bali. Salah satunya dengan menjadi turis yang bertanggung jawab. Ingat, bijaklah dalam menggunakan serta membuang sampah plastik selama Liburan.

  1. Tawar Menawar Sewajarnya saat Belanja

Berlibur mungkin tak lengkap tanpa membeli oleh-oleh khas setempat untuk teman maupun keluarga. Saat membeli buah tangan, tidak ada salahnya jika kamu menawar agar diberikan harga lebih murah. Namun, sebaiknya tawar sewajarnya dan dengan harga yang masuk akal. Sebelum beli, kamu bisa membandingkan harga barang antar penjual. Lalu pilih mana yang paling sesuai dengan budget.

  1. Terapkan Protokol Kesehatan yang Ketat

Saat ini pariwisata di Bali sudah mulai dibuka kembali. Sebagian besar tempat wisata pun sudah mengikuti pedoman CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) dari pemerintah. Akan tetapi perlu diingat, pandemi COVID-19 belum sepenuhnya hilang. Karena itu, tetaplah disiplin menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas. Liburan tetap jalan, namun prokes jangan sampai kendor!

Dengan mematuhi 5 hal di atas, tentunya kamu bisa menikmati berbagai wisata di Bali dengan nyaman dan hati senang. Jangan lupa juga ya untuk ikut #BeliKreatifLokal dari para pengrajin produk ekonomi kreatif yang bisa kamu temui di berbagai sudut wisata Bali. Serta pastikan untuk melengkapi vaksinasi dosis lengkap dan booster di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat.

Dengan begitu, kamu sudah ikut mendukung kemajuan pariwisata lokal di Indonesia. Hal ini sejalan dengan kampanye promosi #ItsTimeforBali yang tengah digaungkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Karena itu, pemerintah melalui Kemenparekraf tengah mendorong pengembangan potensi wisata di Bali, apalagi melihat tingginya antusiasme turis untuk berwisata ke Pulau Dewata.

“Pengembangan ini tentunya diselaraskan dengan tujuan kita dalam mencapai cita-cita pariwisata berkualitas dan berkelanjutan,” kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dikutip dari laman resmi Kemenparekraf RI.

Namun perlu diingat selama pergi liburan protokol kesehatan 6M jangan sampai kendor. Pastikan kamu selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama.

Jangan lupa juga untuk melengkapi vaksinasi di fasilitas kesehatan terdekat. Selain itu, mari ikuti Pesona Punya Kuis (PUKIS) di laman Instagram @pesona.indonesia untuk kesempatan meraih hadiah jutaan rupiah dari Kemenparekraf.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.