Dibangun Sahabat Nabi Muhammad SAW, Ini Masjid Tertua di Dunia

0
133

TNews, WISATA – Masjid tertua di dunia ditemukan di Israel. Masjid ini diyakini dibangun sahabat Nabi Muhammad SAW pada abad ke-7 M.

Masjid itu ditemukan di sebuah penggalian di Tiberias, Israel utara. Bentuknya memang sudah tidak utuh. Sisa-sisa reruntuhannya ditemukan di bawah bangunan lain di era Bizantium.

Dilansir dari Arab News, Sabtu (6/2/2021) para arkeolog yang melakukan penelitian mengatakan bahwa masjid ini dibangun pada masa penyebaran agama Islam di kawasan Levant pada tahun 635. Saat ini kawasan itu lebih dikenal sebagai wilayah Mediterania Timur dan Asia Barat.

Dalam penelitian itu dijelaskan bahwa masjid ini kemungkinan dibangun sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu Syurahbil bin Hasanah. Ia merupakan seorang panglima perang yang menaklukkan wilayah Levant pada periode tersebut.

Masjid yang ditemukan berukuran 22 x 49 meter. Bentuknya kira-kira persegi empat dan memiliki halaman.

Masjid itu sendiri akhirnya ditemukan setelah dilakukan upaya penggalian selama 11 tahun yang dipimpin pakar arkeologi Islam, Katia Cytryn-Silverman dari The Hebrew University of Jerusalem.

Sebelumnya, di lokasi yang sama pernah dilakukan penggalian pada tahun 1950-an. Pada saat itu ditemukan benda-benda kuno yang berasal dari periode Bizantium.

Beberapa di antaranya adalah tembikar dan koin yang berasal dari periode awal Islam. Selain itu ditemukan juga pondasi struktur bangunan di era awal Islam. Sisa-sisa bangunan berusia 100 tahun lebih tua juga ditemukan arkeolog.

Wilayah Tiberias memang pernah menjadi pusat perkembangan politik dan ekonomi dunia Arab. Sebelum penaklukan Islam pada tahun 635, Tiberias merupakan kota kaum Yahudi dan menjadi pusat pendidikan.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.