Hutan Amazon Diprediksi Punah 5 Tahun Lagi, Ini Penjelasannya

0
226
(foto google)

TNews, WISATA – Sebuah prediksi dari peneliti soal hutan hujan Amazon bikin was-was. Hutan yang dianggap sebagai salah satu paru-paru dunia itu diperkirakan segera punah.
hutan Amazon di Brazil diprediksi berubah menjadi sabana atau padang rumput dalam tempo singkat. Cuma dalam waktu lima tahun lagi.

Luciana Gatti, peneliti iklim berpengalaman di Brazillian National Institute for Space Research, menyebut hutan Amazon tengah dalam ancaman bencana lingkungan total.Hutan Amazon bisa selamat, asalkan ada langkah antisipasi yang dilakukan dengan cepat dan tepat. Langkah itu amat membutuhkan kebijakan pemerintah.

“Hutan Amazon ini akan segera kolaps. Kita memang sudah berada dalam sebuah situasi darurat maka kita harus beraksi sekarang juga. Ini merupakan sebuah mimpi buruk,” kata Gatti.

Gatti adalah satu dari 200 pakar yang ambil bagian dalam investigasi terhadap hutan Amazon, Science Panel for the Amazon, belum lama ini. Mereka melaporkan identifikasi beberapa faktor yang membuat hutan Amazon kolaps dalam waktu singkat.

Pemicu utama adalah kian naiknya suhu udara global karena fenomena perubahan iklim dan penebangan hutan Amazon.

Lantaran waktunya sangat terbatas, ilmuwan merekomendasikan aksi harus segera dilakukan, minimal dengan melarang seluruh upaya penebangan hutan Amazon. Selain itu, diperlukan penanaman pohon kembali agar bagian hutan yang gundul bisa segera pulih.

 

Sumber : detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.