Indahnya Taman Pracima Tuin, Jadi Destinasi Wisata Baru di Solo, Intip Yuk!

0
303
Ilustrasi Taman Pracima Tuin (Foto: Republika)

TNews, WISATA – Kota Solo memiliki banyak tempat wisata yang layak dikunjungi. Seiring waktu, makin banyak tempat-tempat wisata bermunculan. Bahkan tempat wisata yang sudah lama ada terus dilakukan pengembangan.

Salah satu tempat wisata yang melakukan pengembangan itu adalah Puro Mangkunegaran. Di sana ada wahana wisata baru bernama Taman Pracima Tuin. Begitu selesai diresmikan, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengajak ratusan warga untuk berkunjung.

“Nantinya ada 200 orang. Perwakilan warga. Sekalian mencoba,” kata Gibran Sabtu (24/12).

Lantas seperti apa keindahan taman wisata baru di Solo? Berikut selengkapnya:

Wujud dari Sebuah Komitmen

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pembangunan Taman Pracima Tuin merupakan bagian dari proyek revitalisasi Keraton Mangkunegaran. Ia juga mengatakan pembangunan itu merupakan wujud dari komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk mendorong pengembangan pariwisata yang diprioritaskan untuk wisatawan domestik.

“Bangga bisa menjadi bagian menjaga warisan leluhur. Pura Mangkunegaran merupakan bagian besar sejarah kebudayaan tanah Jawa yang telah berdiri kokoh selama ratusan tahun,” tulis Erick melalui akun Instagramnya.

Demi Kemajuan Kota Solo

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan dalam kesempatan kunjungan itu pihaknya ingin memperoleh masukan dari warga terkait kemajuan Kota Solo. Selain itu ia juga hendak meluncurkan logo dan maskot Kota Solo.

“Kami ingin memberi tahu warga bahwa logo dan maskot bisa digunakan oleh siapapun. Yang punya produk UMKM bisa mencantumkan logo dan maskot. Yang punya clothing, distro, itu logo dan maskot bisa dimodifikasi dengan berbagai gaya,” kata Gibran.

Sebelumnya, KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutama Wira Sudjiwo mengatakan bahwa revitalisasi itu dilakukan selama lima bulan dan selesai pada bulan ini. menurutnya, bangunan tersebut terinspirasi dari era Mangkunegara ke-7 atau sekitar tahun 1920. Ada tiga bangunan utama pada Taman Pracima Tuin yaitu Pracimasono, Pracimawisik, dan Pracimaloka.

Ke depannya, taman tersebut akan dibuka sebagai destinasi wisata publik sekaligus wadah pelestarian dan pengembangan kebudayaan. Sesuai rencana Taman Pracima Tuin akan dibuka untuk umum pada 21 Januari 2023 mendatang.

Sumber: Merdeka.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.