Ini 5 Hal Menarik Pantai Indrayanti di Jogja

0
104
pantai indrayanti
Loading...

TNews, NASIONAL – Pantai Indrayanti menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Hamparan pasir dan birunya laut menjadi pesona yang tiada dua.

Pantai Indrayanti merupakan salah satu tempat wisata Yogyakarta yang menjadi rekomendasi bagi wisatawan. Jika kamu merasa jenuh di Malioboro, pantai ini bisa menjadi pilihannya.

Berikut 5 Hal Menarik Pantai Indrayanti:

1. Sejarah

Nama Pantai Indrayanti merupakan nama gabungan pemilik resto di dekat pantai, Bapak Indra dan Ibu Yanti. Tanpa sengaja, tempat ini dikenal dengan nama Pantai Indrayanti.

Nama resmi yang digunakan oleh pemerintah adalah Pantai Pulang Sawal. Namun nama yang melekat di kalangan pengunjung adalah Pantai Indrayanti.

Sehingga dahulu terjadi permasalahan antara pemerintah dan pihak pengelola. Tetapi kasus ini tidak berlanjut lebih jauh.

2. Lokasi

Lokasi Pantai Indrayanti berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi tersebut juga berdekatan dengan Pantai Omandeng, Sundak, Ngadong, dan Sadranan yang berlokasi tepat di sebelah timur.

3. Pesona

Pantai Indrayanti menyuguhkan suasana khas pantai selatan yang luas dengan air yang jernih. Pemandangan terbaik Pantai Indrayanti tidak hanya saat matahari menjelang terbenam, tetapi pada pagi hari menawarkan suasana pantai yang sejuk. Bukit-bukit di belakang garis pantai menjadi daya tarik tersendiri dengan deburan ombak.

Terdapat gunung batu karang yang besar, dengan dilengkapi anak tangga. Para wisatawan bisa berfoto dan menikmati pemandangan pantai yang indah dan luas.

4. Fasilitas

Harga tiket masuk hanya 10.000 per orang. Namun kamu sudah bisa menikmati fasilitas lengkap yang berada di Pantai Indrayanti.

Terdapat berbagai macam tempat makan ataupun kafe untuk bersantai dan menikmati kuliner khas pantai. Di sepanjang pantai terdapat gazebo dan payung pantai yang bisa digunakan untuk beristirahat ditemani dengan pemandangan pantai yang menakjubkan.

5. Penginapan

Penginapan yang tersedia di Pantai Indrayanti menggunakan konsep ‘Back To Nature’ yakni ada yang di bawah bukit, dan rumah-rumah panggung yang menyerupai rumah adat Papua. Ada pula penyewaan jet ski seharga sekitar Rp 250.000/15 menit. Tentunya tidak boleh dilewatkan berjalan-jalan di air yang surut dengan pemandangan makhluk laut yang mengagumkan.

Meskipun Pantai Indrayanti berada di bagian selatan beraroma Nyi Roro Kidul, yang indentik dengan mitos dan larangan, hal itu tak berlaku pada Pantai Indrayanti. Namun untuk kebersihan, para wisatawan tetap akan ditindak tegas. Wisatawan yang membuang sampah sembarangan akan didenda sekitar Rp 10.000 oleh petugas. Inilah alasan Pantai Indrayanti selalu memiliki pasir dan air laut yang jernih tanpa sampah sedikit pun. Kamu tertarik datang?

 

Sumber : detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.