Ini 6 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi saat di Temanggung

0
164
Ilustrasi Wisata Alam Posong (Foto; IdnTimes)

TNews, WISATA – Temanggung merupakan salah satu kota yang diapit oleh dua gunung, yaitu gunung sindoro dan gunung sumbing. Tak heran hal tersebut membuat Temanggung memiliki banyak tempat wisata dataran tinggi yang cantik. Banyak wisatawan dari luar kota pergi berlibur ke Temanggung.

Cuaca yang sejuk dan asri akan membuat para wisata betah berlama lama di kota Temanggung. Temanggung juga terkenal dengan sebutan Kota Tembakau.

Tak heran disetiap perjalanan akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah yang luas. Selain hamparan sawah yang hijau, Temanggung juga menyuguhkan pemandangan hamparan perkebunan kopi.

Dibawah ini beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat kalian berwisata di Temanggung

1. Posong

Wisata alam posong salah satunya. Wisata ini terletak di daerah gunung sindoro, atau tepatnya di desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Temanggung. Wisata ini menyuguhkan pemandangan hamparan sawah dari atas ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut (MDPL). Jarak yang ditempuh untuk sampai ke wisata ini sekitar 3,5 km dari jalan raya Temanggung-Wonosobo.

Selian menyuguhkan pemandangan hijau dari dataran tinggi, kamu juga bisa melihat matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset). Wisatawan dapat duduk bersantai di gazebo gazebo yang telah disediakan sambil menikmati kopi robusta khas temanggung dan tempe mendoan.

Bagi wisatawan pendaki gunung, puncak gunung sindoro dapat dicapai lima jam dari posong. Area ini sangat cocok untuk digunakan outbound dengan pemandu yang sudah berpengalaman. Untuk ke wisata ini kalian hanya perlu merogoh kocek Rp. 10.000 untuk membayar tiket masuk. Namun jika kalian ingin masuk ke Taman Wisata Posong kalian harus membayar Rp. 20.000.

2. Puncak Batarana

Puncak Batarana adalah bukit yang berada di kaki gunung Sumbing. Puncak ini terletak di Paterangan 2, Paterangan, Kledung, Kabupaten Temanggung.

Puncak batarana menyuguhkan pemandangan kota Temanggung dari ketinggian dengan pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Selain menikmati pemandangan wisatawan juga dapat berfoto foto di area puncak.

Banyak spot foto yang telah disediakan disana. Untuk mencapai puncaknya wistawan dapat menunggang ojek atau berjalan kaki. Meskipun jalan yang ditempuh sangat panjang dan melelahkan, semua akan terbayar dengan pemandangan yang disuguhkan. Biaya yang dikeluarkan hanya sebesar Rp. 5000 per orang. Puncak ini dibuka 24 jam, jadi kalian bisa kapan saja datang ke Puncak Batarana.

3. Embung Kledung

Embung Kledung adalah tempat wisata untuk kamu berkemping dengan keluarga diantara pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Wisata ini tidak perlu memerlukan tenaga yang lebih karena jarak dari parkiran sangat dekat.

Pemandangan Gunung Sindoro dan udara yang segar dan dihiasi dengan danau buatan. Embung Kledung didirikan di atas lahan tembakau bekas seluar 83×83 meter.

Embung Kledung awalnya dibuat untuk menampung air saat terjadinya kemarau, namun ternyata memiliki daya tarik. Akhirnya oleh pemerintah sekitar dibuat untuk tempat wisata. Lokasinya berada di Jl, Raya Parakan-Wonosobo KM.12, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung Parakan, Kabuaten Temanggung, Jawa Tengah.

4. Curug Titang

Salah satu tempat wisata yang bisa kalian kunjungu di Temanggung. Curug Titang adalah air terjun yang dialiri air dari sungai Lungge. Curug ini berjarak sekitar 6 km dari Temanggung kota. Tempat wisata ini sering dijadikan sebagai ritual keagamaan di saat idul adha maupun idul fitri bagi masyarakat sekitar yang disebut sebagai padusan. Lokasi Curug Titang berada di Dusun Durenan Desa Temabarak Kecamatan Temabarak Kabupaten Temanggung.

5. Pikatan Water Park

Bukan hanya wisata alamnya saja yang menarik, Temanggung juga punya witasa buatan yaitu Pikatan Water Park. Pikatan Water Park adalah tempat wisata permainan air yang berlokasi di Pikatan, Mudal, Temanggung. Banyak wahana yang bisa kalian coba.

Biasanya tempat wisata air berada dikota, namun Pikatan Water Park terletak di desa. Itulah yang membuat tempat wisata ini berbeda. Selain berada di desa, wisata ini juga menggunakan air dari mata air setempat. Sehingga membuat air jauh lebih segar dan jernih.

Pikatan Water Park terdiri dari 10 waterslide, 5 kolam renang, wahana emeber tumah, dan jembatan goyang. Harga tiket untuk weekday Rp. 15.000 dan weekend Rp. 20.000. Jam bukanya yaitu jam 08.00 – 17.00 WIB.

6. Hutan Pinus Sigrowong

Berikutnya yang tidak kalah indah adalah Hutan Pinus Srigowong. Sesuai dengan namanya tempat wisata ini dikelilingi oleh pohon pinus di area perbukitan. Selain pohon pinus, kamu juga bisa melihat area pepohonon kopi yang dirawat dengan baik.

Di tempat wisata ini terdapat gua yang disebut Goa Sigrowong. Menurut cerita setempat goa ini memiliki ikatan dengan masa agresi militer Belanda. Wisata ini beralamat di Rowo Seneng, Gesing, Kecamatan Kandangan, Temanggung. Hutan Pinus Sigrowong buak setiap hari dari jam 08.00 – 17.00 WIB dan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 per orang.

Itulah beberapa tempat wisata yang dapat kalian kunjungi ketika di Temanggung. Bukan hanya itu, masih banyak lagi tempat wisata yang bisa kalian kunjungi. Pesona alam nya yang begitu menarik wisatawan dan keramahan masyarakatnya menjadi daya tarik tersendiri. Jika kalian pergi ke Temanggung jangan lewat kan spot spot di atas ya.

Sumber: Jurnalpost.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.