Ini 7 Daya Tarik Wisata Curug Cikaso

0
285
ilustrasi

TNews, WISATA – Curug Cikaso merupakan salah satu wisata andalan yang dimiliki Sukabumi. Ada tiga curahan nan menawan yang dimiliki curug tersebut yakni Curug Meong, Curug Aki dan Curug Aseupan. Sekali datang, Anda akan disuguhkan dengan tiga jenis curahan air yang teduh dan menenangkan. Awalnya curug atau air terjun ini bernama Curug Luhur. Namun karena aliran airnya berasal dari anak Sungai Cikaso akhirnya dikenal dengan nama Curug Cikaso.

Meskipun curug ini terkenal dengan keindahan air terjunnya, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan asyik lainnya lho. Beberapa ini di antaranya:

  1. Menikmati Pesona 3 Air Terjun

Curug Cikaso memiliki tiga curahan air setinggi 80 meter dengan lebar sekitar 100 meter. Suasana asri dan sejuk membuat area sekitar air terjun terlihat begitu memesona. Suara deru gemuruh dari volume air tersebut juga menambah keindahan curug. Ketiga terjunan berasal dari satu sungai yang alirannya dibelah oleh bebatuan tebing. Paling kiri Curug Asepan, di tengah Curug Meong , dan paling kanan Curug Aki. Di bawah ketiga air terjun tersebut, terdapat sebuah kolam berwarna hijau kebiru-biruan. Airnya bermuara hingga muara Tegal Buleud yang berada di bawah Curug Cikaso.

  1. Trekking/Jalan Kaki

Untuk sampai ke Curug Cikaso, pengunjung perlu berjalan kaki atau trekking terlebih dahulu. Perjalanan dengan berjalan kaki ditempuh sejauh kurang lebih satu kilometer. Wisatawan akan menempuh perjalanan menyusuri jalan setapak berbatu ditemani pemandangan alami, sejuk, dan indah. Sebelum mencapai air terjun, wisatawan akan melewati persawahan, dan area hutan.  Mendekati lokasi, wisatawan akan mendengar suara gemuruh air terjun.

Meski cukup melelahkan, usaha Anda bakal terbayar setelah sampai ke obyek wisata. Air terjun dan pemandangan sekitar yang menakjubkan bakal memanjakan Anda segera.

  1. Naik Perahu Susur Sungai

Anda ogah capai dan ingin cepat sampai ke curug? Anda bisa naik perahu menyusuri Sungai Cikaso untuk menuju air terjun. Meskipun harus mengeluarkan ongkos untuk membayar sewa perahu, dijamin hal itu sebanding dengan pemandangan alam sungai yang memukau. Harga sewa per perahu Rp60.000, dengan kapasitas sekitar 10 orang. Selama perjalanan, wisatawan dimanjakan dengan keindahan alam kawasan hutan tropis serta tebing-tebing menjulang.

  1. Berenang di Bawah Air Terjun

Jangan lupa mencoba berenang dan berendam di kolam bawah air terjun untuk mendapatkan sensasi liburan yang maksimal. Kolam dengan air yang tumpah dari atas curug ini benar-benar jernih dan menyegarkan. Namun Anda harus tetap waspada dan berhati-hati kalau ingin bermain air. Sebab kedalaman kolam ini mencapai 15 meter. Jadi, Anda jangan memaksakan diri kalau tidak bisa berenang.

  1. Memancing

Bagi Anda yang hobi memancing, curug ini bisa jadi pilihan lokasi memancing yang cocok. Suasana tenang dan sepi, ditambah dengan beragam jenis ikan yang hidup di kawasan ini akan membuat pengalaman memancingmu terasa menyenangkan.

  1. Kemping

Kemping di pantai? Itu sudah biasa. Anda perlu mencoba suasana baru dengan berkemah di sekitar air terjun. Anda bisa kemping di Curug Cikaso sambil menikmati gemericik suara air dan pemandangan langit bertabur bintang saat malam hari. Pemandangan matahari terbit juga bisa Anda saksikan sambil merasakan sejuknya kawasan. Mantap kan?

  1. Berfoto Ria

Aktivitas berfoto kini tampaknya tak bisa dilepaskan dengan kegiatan liburan. Ada yang kurang juga Anda tak mengabadikan momen di Curug Cikaso yang bertabur keindahan. Ada banyak spot foto keren yang jarang ditemukan di tempat lain seperti tiga air terjun di satu lokasi. Aliran sungai Cikaso, Muara Tegal Buleud, bebatuan alami di sekitar kolam hingga pepohonan yang lebat dan subur juga dapat menjadi sudut berfoto.

Itu dia sejumlah pesona Curug Cikaso Sukabumi. Untuk menikmati keindahannya, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp3.000 untuk tiket masuk. Sangat murah kan? Ajak keluarga atau kawan dekat untuk main ke sana agar liburanmu makin menyenangkan.

 

Sumber : suara.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.