Jisel Temukan Keindahan Indonesia dengan Memacu Sepeda Motor

0
30
ilustrasi

TNews, WISATA – Jisel ialah salah satu perempuan tangguh yang telah melanglang buana menjelajahi Indonesia lebih dari satu dekade. Ia menemukan sisi lain Indonesia dari atas motor.

Mengendarai motor mengelilingi Nusantara tentu bukan pekerjaan mudah. Namun pemotor perempuan bernama lengkap Eleonora Ajisela Agrippina ini mengaku begitu menikmati kegiatannya.

Hal itu tampak dari akun Instagram miliknya @jiselajisel dan Youtube JurnalJisel yang memperlihatkan petualangannya memacu motor. Keceriaan dan cerita perjalanan yang ia bagikan di sana menjadi inspirasi bagi orang-orang untuk menikmati Indonesia.

Kepada detikcom, Jisel bercerita, kegiatannya ini sebenarnya berawal dari kegemarannya mengeksplorasi tempat-tempat yang belum pernah ia sambangi. Lama kelamaan hobi jelajah Indonesia sambil mengendarai motor ini menjadi pekerjaan yang sudah ia lakoni selama lebih dari 10 tahun.

“Traveling dengan motor mulai 2009-2010-an, masih yang antarkota. Terus setelah itu suka ada yang mengajak eksplor sampai masuk desa dan kampung. Di situ aku makin tergila-gila traveling motoran itu bisa ketemu tempat yang belum tentu orang lain tahu, yang nggak terkenal tapi cantik banget,” katanya.

Di antara berbagai moda transportasi, Jisel juga punya alasan khusus untuk menggunakan motor. Ini tak jauh dari faktor ekonomi dan fleksibilitas dalam perjalanan.

“Memilih motor karena untuk biaya sama jarak tempuhnya di Jakarta lebih cepat, aku pikir kenapa nggak coba pakai motor untuk travelingnya. Biaya jauh lebih minim terus pengalaman bertemu banyak orang lebih banyak dan panjang. Jadi lebih mewah menurutku,” ujarnya.

Melalui penjelajahan yang ia lakukan, Jisel merasa beruntung dapat mengenal keberagaman Indonesia. Menurutnya, setiap tempat yang ia datangi memiliki kekhasannya masing-masing.

“Kalau ke Sumatera banyak makanan khas yang unik-unik yang nggak kita temukan di Jawa. Lalu ke Indonesia bagian Timur, yang menonjol keindahan alamnya mulai dari air terjun sampai gunung yang benar-benar asli,” tutur Jisel.

“Lalu di Sulawesi itu indah tarian dan budayanya. Kalau Kalimantan, cocok untuk pecinta off road,” sambungnya.

Tantangan perjalanan: sulitnya mencari MCK sampai pengalaman mistis saat berkendara

Dalam setiap perjalanan tentunya ada tantangan yang dihadapi. Jisel menjelaskan, sebagai perempuan ia acap kali kesulitan untuk mencari lokasi yang aman untuk buang air.

“Awal-awal kesulitan untuk mencari MCK. Tapi kalau sekarang sudah mulai terlatih. Kalau di daerah justru pamit minta izin ke toilet lebih mudah dan welcome banget,” kata dia.

Selain itu, ketika mampir ke daerah terpencil, terkadang ia dan rombongan juga kesulitan mendapatkan bahan bakar karena minimnya stasiun pengisian bahan bakar. Kemudian tantangan lainnya adalah soal hal-hal mistis yang kerap muncul di tengah jalan.

“Setiap pulau ada cerita mistisnya beda-beda. Ada yang dikirimin bola api. Aku cuma lihat kayak ada cahaya,” ujarnya.

“Terus pernah juga kita lagi riding, tiba-tiba melihat kabut sekelabatan saja seperti selendang. Ternyata memang ada. Orang yang punya keahlian bisa melihat jelas tapi kalau aku karena nggak punya keahlian itu jadi cuma melihat sepintas saja. Atau misalnya ada cahaya yang kita lihat di spion tapi tahu-tahu sudah kosong, sudah gelap lagi,” imbuhnya.

Ketika menghadapi momen seperti itu, Jisel sebenarnya takut. Namun demi keselamatan perjalanan, ia harus melawan perasaan itu dan tetap fokus berkendara.

“Sebenarnya takut. Tapi mau nggak mau kita harus melawan rasa takut dari diri sendiri. Tetap tenang baru nanti kalau sudah melewati itu kami saling cerita,” tambahnya.

Dari seluruh perjalanan yang ia lakukan, Jisel merasa bersyukur dengan kekayaan alam dan budaya di Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan contoh negara dengan atraksi yang lengkap.

“Indonesia ini seksi ya seperti cewek. Kita eksplor nggak habis-habis. Liarnya dapat. Keindahan ada. Makanan semua lengkap. Mulai dari gunung, laut, sungai, off road, on road, semua ada,” kata dia.

Jisel berpesan untuk traveler yang ingin menjelajahi Indonesia tidak perlu takut. Motor jenis apapun dapat digunakan untuk bepergian asal selalu dicek kesiapannya.

“Jangan takut untuk memulai. Banyak orang yang melihat aduh motor gue cuma ini jadi nggak bisa, jadi minder. Padahal menggunakan kendaraan motor apapun dengan kondisi jalan yang seperti apa kita bisa pilih. Terus mau kemana saja kita bisa menyesuaikan dengan budget yang kita punya. Jadi jangan pernah ada alasan untuk tidak traveling di Indonesia,” tutupnya.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.