Keindahan Sungai Permai di Kroasia

0
355
ilustrasi

TNews, INTERNASIONAL – Kroasia merupakan salah satu negara di Eropa yang terkenal karena keindahan alamnya. Salah satu objek wisata paling populer adalah Danau Plitvice yang jadi bagian dari Plitvice Lakes National Park. Belakangan Dubrovnik, pemukiman bernuansa Abad Pertengahan juga jadi incaran traveler gara-gara tampil di serial Game of Thrones.

Walaupun begitu, sebenarnya masih banyak keindahan alam Kroasia lainnya yang belum tersorot. Salah satunya adalah sungai. Kroasia punya sungai-sungai permai dengan air jernih yang tak kalah indah dari Danau Plitvice.

Goran Safarek, seorang ahli biologi dan fotografer asal Kroasia telah mengabadikan keindahan sungai-sungai di negaranya dalam satu dekade terakhir.

“Mungkin tidak ada negara lain di Eropa yang memiliki sungai sebegitu beragam dan terjaga seperti Kroasia. Sungai-sungainya tak diragukan lagi merupakan salah satu bagian terpenting. Meliputi sungai dataran rendah keruh dan lambat yang membanjiri dataran banjir yang luas hingga sungai-sungai pegunungan pendek dan cepat yang membasahi jeram,” tuturnya saat diwawancarai Daily Mail (15/11/2019).

Berikut ini beberapa potret keindahan sungai-sungai di Kroasia.

Sungai Krka yang Punya Banyak Air Terjun

Ini adalah Krka, sungai sepanjang 45 mil yang mengalir dari Gunung Dinara dan bermuara di Laut Adriatik. Sungai Krka memiliki banyak air terjun dan ngarai yang cantik.

Sungai Kamacnik dan Ngarai Terhijau di Dunia

Sungai Kamacnik mengalir di wilayah Gorski kotar, Kroasia Utara. Ngarai yang dialiri sunga ini disebut sebagai salah satu ngarai paling hijau di muka bumi.

Pertemuan Sungai Krupa dan Zrmanja

Pertemuan Sungai Krupa dan Zrmanja yang meliuk bak ular biru dilatari ngarai menjulang yang tampak megah dari ketinggian.

Sungai Mreznica yang Seindah ‘Mimpi’

Safarek menyebut Sungai Mreznica seindah mimpi. Sungai ini memiliki total 93 air terjun.

Danube, Sungai Terpanjang Kedua di Dunia

Danube merupakan sungai terpanjang kedua di dunia. Sungai ini mengaliri delapan negara sekaligus. Seperti inilah penampakannya setelah diterjang banjir.

Sungai Mirna di Istria

Perairan berwarna kelabu muda ini adalah aliran Sungai Mirna. Ini adalah sungai terpanjang di wilayah Istria. Panjangnya mencapai 33 mil.

Sungai Kupa yang Permai

Perairan berwarna biru cerah ini adalah Sungai Kupa yang menjadi bagian dari Risnjak National Park, Kroasia Utara. Sungai tersebut dikelilingi hutan lebat yang asri.

Sungai Cetina yang Digemari Pecinta Olahraga Ekstrem

 Sungai Cetina membelah daratan Dalmatia menjadi dua wilayah. Sungai ini sangat populer di antara pecinta olahraga ekstrem. Biasanya digunakan untuk arung jeram dan jelajah ngarai.

Itulah deretan sungai-sungai cantik yang mengaliri wilayah Kroasia.

 

Sumber : Merdeka.Com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.