Libur Telah Tiba! Ini 5 Wisata Alam di Jawa Timur yang Cocok Kamu Kunjungi Ketika Liburan

0
131
Ilustrasi Air Terjun Tampak Sewu (Foto: Kompas)

TNews, WISATA – Untuk arek Jawa Timur tentunya tidak asing dengan beberapa tempat wisata alam yang tim Suara Denpasar susun untuk tempat liburan anda sekeluarga.

Kami merekomendasikan beberapa tempat wisata alam di Jawa Timur yang hidden gems dan sangat seru dikunjungi oleh kalian ketika libur panjang akhir tahun ini.

Tentunya kita harus memanfaatkan libur panjang ini untuk datang ke tempat-tempat wisata baik sekedar healing maupun berkumpul bersama keluarga.

Tapi tetap kita juga harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dengan selalu memakai masker di tempat wisata dimanapun tempatnya.

Di Jawa Timur ada banyak tempat wisata alam seru yang cocok kalian kunjungi ketika liburan ini baik di Surabaya, Madura, Malang, atau Banyuwangi. Berikut kami sajikan untuk anda!

1. Gunung Bromo

Tentunya para traveler tidak asing dengan Gunung Bromo ini. Gunung ini merupakan salah satu tempat terpopuler dan paling direkomendasikan untuk tempat wisata kalian.

Gunung Bromo ini dikenal dengan tempat wisata yang memiliki keindahan alamnya yang sangat menakjubkan, dan memiliki akses yang cukup mudah untuk para wisatawan.

Untuk sampai ke puncak gunung Bromo, kalian tidak perlu trekking dengan jauh hingga berjam-jam. Cukup dengan baik mobil Jeep kalian bisa sampai ke kawah Bromo dengan mudah.

Bahkan masyarakat lokal juga menyewakan kuda yang bisa digunakan wisatawan yang ingin ke puncak namun tidak cukup kuat untuk trekking ke atas.

Pastikan kamu melihat sunrise yang indah di Bromo, setidaknya sekali seumur hidup!

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi di daerah Banyuwangi selain Kawah Ijen.

Meski Taman Nasional Baluran ada di wilayah Situbondo, tapi wisatawan lebih mengenal Baluran sebagai objek wisata di Banyuwangi karena letaknya yang hanya sekitar 1,5 jam perjalanan darat dengan mobil dari kota tersebut.

Di Taman Nasional Baluran kalian akan disajikan dengan pemandangan Padang Savana yang luas seperti yang ada di Afrika.

Selain itu, kalian juga akan dimanjakan dengan kehidupan alamiah hewan-hewan yang ada di Taman Nasional Baluran seperti Kijang, Kuda, dll.

3. Air Terjun Tumpak Sewu

Ada Penelitian yang mengatakan bahwa ketika kita melihat air terjun dengan ketinggian dan panorama yang indah kita akan merasa lebih tenang.

Air terjun tumpak Sewu merupakan air terjun terbaik yang ada di Jawa Timur, dan selalu menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan.

Agak berbeda dengan air terjun pada umumnya, Tumpak Sewu cukup unik karena berbentuk lebar seperti tirai, karena aliran air Sungai Glidik yang melebar.

Tidak heran kalau banyak orang kemudian menyebut Air Terjun Tumpak Sewu seperti Niagara di Amerika Utara.

Terletak di antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Air Terjun Tumpak Sewu bisa dicapai dengan berkendara mobil baik dari Malang maupun dari Surabaya.

4. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu air Terjun yang cocok kalian kunjungi untuk dinikmati selain air Terjun tumpak Sewu.

Air Terjun tumpak Sewu ini adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa lho dengan ketinggian mencapai 200 meter.

Ada yang menarik dari aliran air di Air Terjun Madakaripura, yakni berasal dari Gunung Bromo, karena letaknya hanya sekitar 1 jam di utara Bromo.

Ada banyak legenda menyoal air terjun ini. Ada yang menyebut ini adalah tempat Patih Majapahit, Gajah Mada, bersemedi.

Ada juga yang menyebut air terjun ini adalah tempat Gajah Mada menikmati masa-masa terakhir dalam hidupnya. Yang pasti, kamu akan melihat patung Gajah Mada di area pintu masuk air terjun yang terletak di Probolinggo ini.

5. Gili Ketapang

Wisata Jawa Timur juga punya pulau kecil atau Gili yang punya area snorkeling yang indah lho! Namanya Gili Ketapang.

Dari kota Surabaya, kita bisa Menuju Gili Ketapang dengan 4 jam perjalanan, dengan melalui penyebrangan pelabuhan Probolinggo.

Di pulau kecil ini, kamu akan menemukan pantai yang cantik dan area snorkeling yang masih dipenuhi ikan-ikan kecil termasuk Ikan Giru yang lucu seperti di film Finding Nemo.

Sumber: Suara.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.