Nikmati Destinasi Wisata Makassar Pantai Akkarena Yang Menyenangkan

0
31
Tempat Wisata Makassar, Pantai akkarena. Foto (kompas.com)

TNews, WISATA – Wisata Pantai Akkarena merupakan salah satu destinasi populer di Kota Makassar. Pantai ini sering kali menjadi tujuan liburan saat akhir pekan.

Pantai Akkarena terletak tidak jauh dari pusat Kota Makassar. Tepatnya di Jalan Metro Tanjung Bunga, Tamalate, Makassar.

Bagi yang ingin liburan ke Pantai Akkarena bisa menjangkaunya dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit dari pusat kota. Selain menggunakan kendaraan pribadi Pantai Akkarena juga bisa diakses menggunakan transportasi online dari pusat Kota.

Selain berenang dan bersantai di pinggir pantai, Pantai Akkarena menawarkan pengalaman wisata seru dengan berbagai wahana menarik. Sehingga tempat ini cocok untuk berwisata bersama keluarga.

Fakta Menarik Tentang Pantai Akkarena

Saat ini menjadi salah satu tempat wisata andalan Kota Makassar, dulunya Pantai Akkarena merupakan kawasan rawa yang kumuh dan tidak terawat. Mulanya pantai ini bernama pantai Tanjung Bunga. Selanjutnya pada tahun 1998 pantai ini diambil alih oleh PT. Gowa Makassar Tourism Development (GMTD), sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang pengembang real estate dan properti.

Oleh pengelola baru ini, pantai Tanjung Bunga kemudian disulap menjadi destinasi wisata yang menarik.

Berbagai Fasilitas dan spot-spot menarik dihadirkan untuk menarik pengunjung. Seperti taman bergaya mediterania, dermaga, resto, cafe dan resort.

Nama pantai Tanjung Bunga pun diubah menjadi Pantai Akkarena. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat menjadi lebih tertarik dengan wajah yang baru.

Nama Akkarena sendiri berasal dari Bahasa Makassar yang artinya permainan. Nama tersebut sengaja dipilih lantaran pantai Akkarena dianggap sebagai tempat permainan dan hiburan bagi Masyarakat.

Pesona Wisata di Pantai Akkarena Makassar

Pantai Akarena memang merupakan destinasi wisata yang ramah keluarga dan anak-anak. Apalagi tersedia berbagai aktifitas dan hal menarik yang bisa dilakukan.

Nah, berikut beberapa spot dan daya tarik wisata yang ada di Pantai Akkarena makassar;

  1. Taman Bergaya Mediterania

Salah satu spot andalan yang ada di Pantai Akkarena adalah taman dengan corak khas mediterania. Taman ini memiliki luas sekitar 450 meter persegi yang terletak di bibir pantai.

Taman ini bisa menjadi spot menarik untuk berfoto ataupun sekedar berjalan-jalan sambil menikmati suasana pantai yang nyaman. Semilir angin laut yang menerpa dengan lembut menambah romantisme suasana.

Kecantikan taman ini semakin lengkap dengan deretan pohon nyiur yang berjejer rapi. Di sela-selanya terlihat puluhan gazebo yang bisa digunakan untuk duduk santai bersama keluarga.

Di siang hari biasanya pengelola menyediakan layar LCD, sound system dan live music sebagai hiburan.

  1. Berenang di Pantai

Seperti wisata pantai pada umumnya, pengunjung juga bisa berenang dan menikmati air laut di Pantai Akkarena. Ombak di kawasan pantai Akkarena juga tidak terlalu besar.

Selain itu, pengelola sudah memasang pemecah gelombang di ujung pantai, sehingga ombak yang datang terbilang aman untuk berenang bagi anak-anak.

Selepas berenang, pengunjung bisa langsung membilas dan berganti pakaian di tempat yang sudah disediakan. Selain itu juga terdapat loker yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang agar tetap aman saat asik berenang.

  1. Wahana Permainan Air

Selain berenang, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana permainan air yang ada pantai Akkarena ini. Wahana tersebut seperti banana boat, jetski, speed boat, kano atau bebek-bebek air.

Berbagai wahana ini tentu menarik khususnya bagi pengunjung yang suka dengan tantangan dan menguji adrenalin.

Selain itu bagi pengunjung yang tidak ingin berbasah-basahan, bisa juga mencoba menyewa perahu. Perahu ini akan berkeliling mengitari area seputar pantai.

  1. Memancing

Bagi pengunjung yang gemar memancing, juga bisa menyalurkan hobinya tersebut di kawasan Pantai Akkarena. Pasalnya pengunjung bisa melakukan aktivitas memancing dengan menyewa perahu dan menuju ke area spot pancingan.

Namun untuk menikmati area pemancingan, pengunjung perlu membawa alat pancingnya sendiri. Lantaran belum ada alat pancing yang disewakan di tempat ini.

  1. Dermaga Cinta Pantai Akkarena

Dermaga Cinta menjadi salah satu ikon landmark utama dari Pantai Akarena ini. Karena itu, tempat ini menjadi spot favorit para pengunjung untuk berfoto dan berselfie.

Dermaga yang menjorok 150 meter ke laut ini, memang menyediakan latar foto yang ciamik. Yang paling menarik tentu adalah ornamen berbentuk hati pada bagian depan jembatan dan bertuliskan “Dermaga Cinta”.

Dekorasi warna-warni cantik di sepanjang badan dermaga kian menambah keelokan dermaga ini. Di malam hari, mata pemandanan akan semakin indah dengan jejeran lampu-lampu hias di sepanjang dermaga.

Selain sebagai spot foto selfie, dermaga cinta ini juga berfungsi sebagai tempat sandarnya kapal-kapal wisata di Pantai Akkarena ini.

  1. Eksotisme Matahari Terbenam

Pantai Akkarena juga menawarkan pemandangan senja yang eksotis. Makassar memang terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya.

Nah, Pantai Akkarena merupakan salah satu spot untuk menikmati keindahan matahari terbenam tersebut. Warna orange keemasan dan gradasi warna air laut menyajikan pemandangan yang sangat indah.

Pemandangan ini bisa dinikmati sambil bersantai di bantal-bantal dudukan di pinggir pantai. Pemandangan ini tentu menjadi klimaks yang ditawarkan Pantai Akkarena.

  1. Wisata Malam

Pengunjung masih disuguhkan dengan sebagai kegiatan pariwisata di malam hari. Berbeda saat siang dan sore hari yang memamerkan keindahan alam yang eksotis.

Pada malam hari, suasana Pantai Akkarena berubah menjadi tempat yang teduh dan romantis. Kerlap-kerlip lampu hias dan lampu sorot dari berbagai sudut menciptakan pemandangan yang berbeda, ditambah semilir angin malam pantai yang sejuk.

Fasilitas Pantai Akkarena

Sebagai sebuah destinasi wisata, fasilitas di Pantai Akkarena terbilang lengkap. Pihak pengelola pantai menyediakan berbagai fasilitas untuk memanjakan setiap pengunjung.

Adapun fasilitas umum lainnya yang tersedia antara lain tempat penyewaan barang peralatan wahana, kamar ganti, ruang bilas, musholla, area parkir dan lain sebagainya. Berbagai fasilitas menarik lainya juga tersedia di tempat ini antara lain:

  1. Food Court

Berbagai sajian yang memanjakan lidah dapat dinikmati di food court yang dtersedia di Pantai Akkarena. Bagi pengunjung yang lelah beraktifitas dapat mengisi kembali tenaga di tempat ini.

Beberapa menu favorit yang tersedia adalah makanan khas makassar seperti Coto Makassar, Sop Sodara, dan Sop Konro.

Berbagai cafe juga mengusung konsep-konsep unik seperti rainbow dan sebagainya. Hal ini menambah kenyamanan saat berwisata di Pantai Akkarena.

  1. Pagelaran Beragam Event

Untuk menarik pengunjung, pihak pengelola kerap mengadakan berbagai event dan acara di Pantai Akkarena ini. Seperti festival musik, kegiatan komunitas, festival rakyat dan lain sebagainya.

Salah satu event yang juga rutin digelar adalah Camping Beach Party. Acara ini berupa kegiatan camping bersama yang dimeriahkan dengan pesta api unggun, kembang api, bazar, pertunjukkan musik, Barbequean hingga kompetisi foto. Acara ini biasanya diadakan setiap pergantian tahun.

  1. Ruang Meeting

Di Pantai Akkarena juga terdapat fasilitas meeting room bagi yang ingin mengadakan gathering ataupun pertemuan. Ruang meeting ini tersedia dalam berbagai ukuran.

Pengunjung bisa menghubungi pengelola untuk menggunakan fasilitas ruang meeting ini. Ruang meeting ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung di dalamnya.

  1. Gazebo

Di sepanjang pantai terdapat puluhan gazebo atau saung yang bisa digunakan oleh pengunjung. Gazebo ini bisa menjadi tempat untuk beristirahat bagi keluarga sambil menikmati pemandangan pantai.

Untuk menyewa gazebo ini harganya terbilang cukup mahal yakni sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu untuk digunakan selama 4 jam.

Rute, Jam Buka dan Tiket Masuk Pantai Akkarena

Wisata pantai Akkarena terletak tak jauh dari Pusat Kota Makassar. Akses menuju kawasan ini pun tidak sulit. Hanya dengan berkendara sekitar 10 menit dari pusat kota, pengunjung sudah bisa sampai di Pantai Akkarena.

Tempat wisata ini terbuka setiap hari dari senin hingga minggu, maupun tanggal merah. Adapun jam operasional saat ini dibagi menjadi dua yakni pada saat weekday yaitu jam 06.00-20.00 wita, sedangkan pada weekend dan hari libur jam 06.00-21.00 wib.

Sementara itu harga tiket masuk ke Pantai Akkarena pada pada hari Senin sampai Jumat adalah Rp 10.000 per orang. Sementara pada weekend yakni Sabtu-Minggu harga tiket dibanderol Rp 15.000 per orang.

Biaya tiket masuk ini belum termasuk biaya-biaya lain yang harus dibayarkan. Seperti biaya parkir, wahana maupun gazebo.

Untuk biaya parkir pengunjung perlu menyiapkan antara Rp 5.0000 untuk kendaraan motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Sementara biaya untuk wahana permainan berbeda-beda antara Rp 20.000 sampai Rp 25.000 per wahana.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.