Objek Wisata Side Land Punya Perosotan Terpanjang di Kuningan, Pas Buat Liburan Natal dan Tahun Baru

0
137
Ilustrasi Perosotan Side Land (Foto: Tribun)

TNews, WISATA – Objek wisata Side Land yang berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kuningan memiliki wahana permainan anak dan kolam renang beragam ukuran.

Tidak hanya itu, kolam renang yang menampung air jernih dari mata air Talaga Biru Cicerem ini memiliki perosotan terpanjang di Kuningan.

Demikian dikatakan Dirut BUMDes Aria Kamuning, Iim Ibrahim saat ditemui di lokasi, Rabu (14/12/2022).

Meski masih dalam pengembangan, obyek wisata itu sudah ramai pengunjung.

“Betul, kita sebenarnya masih dalam pengembangan pembangunan. Namun untuk pelancong dari berbagai daerah sudah banyak berdatangan hingga ada yang camping,” katanya.

Nama Side Land sendiri memiliki sejarah karena diambil dari kata sidelan.

“Ya, berdasarkan cerita dan pengalaman saya waktu kecil. Nama sidelan ini artinya tempat orang terdahulu membuat terasi atau delan kalau menurut warga kami.”

“Dari nama situ, kita tulisnya dengan istilah bahasa Inggris jadi Side Land dengan arti kata dalam kamus bahasa Inggris, yang artinya itu tanah berada di pojok atau pinggiran,” kata Iim lagi.

Mengenai fasilitas di Side Land, Iim menyebut untuk kawasan wisata memang di dominasi fasilitas wisata perairan.

“Kita memiliki kolam perosotan terpanjang di Kuningan, dengan jarak sekitar 40 meter,” katanya.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati perosotan, harus menggunakan ban karet. “Jadi, untuk pengunjung yang mau main perosotan. Kita sediakan ban karet sebagai media sekaligus sarana saat main air,” kata Iim lagi.

Pengembangan objek wisata Side Land, kata Iim mengklaim bahwa proyek pembangunan ini murni dari hasil keuntungan BUMDes.

“Ya keuntungan BUMDes itu banyak sumber pendapatan. Misal dari objek wisata Talaga Biru Cicerem, jasa pemasangan jaringan internet dan tagihan – tagihan listrik atau usaha kredit lainnya,” ujarnya.

Selain kolam dan perosotan, terdapat villa dan taman serta jembatan Side Land untuk lokasi swafoto.

“Untuk fasilitas di wisata Side Land, itu ada kolam renang dengan beragam ukuran. Mulai dari anak – anak hingga buat orang dewasa dan kolam terapi ikan. Kemudian ada beberapa lokasi spot foto atau tempat untuk para konten kreator. Tidak lupa, kami menyediakan gazebo dan villa yang berdampingan dengan galeri,” katanya.

“Di pagi hari, pengunjung itu bisa menikmati pemandangan Gunung Ciremai dan malam harinya, itu bisa melihat pemandangan Kota Cirebon dan Brebes,” ujar Iim seraya menambahkan bahwa untuk HTM (harga tiket masuk) itu sebesar Rp 20 ribu per orang.

Sumber: Tribunbanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.