Pantai Seger Mandalika, Pantai Indah dan Sarat akan Tradisi Anisa Rachma Agustina

0
20
Ilustrasi Pantai Seger Mandalika

TNews, WISATA – Lombok adalah serpihan surga, berbagai destinasi wisata ada di pulau indah ini. Pantai di Lombok sangat cantik dan indah, pantai-pantai itu tampak asri dan begitu memesona. Salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Seger Mandalika.

Lokasi Pantai Seger berada di Desa Sukadane, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini termasuk salah satu pantai di kawasan Mandalika. Pantai Seger dikelilingi bukit yang dapat didaki, jadi Anda dapat menikmati eksotisme Pantai Seger dari atas bukit yang sangat memesona.

Saat Anda berada di Bandara Internasional Lombok, Anda memerlukan waktu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan pribadi. Sementara dari pusat Kota Mataram, Anda memerlukan waktu sekitar 1 jam.

Apabila menginap di wilayah Senggigi, Anda memerlukan waktu sekitar 1,5 jam. Jarak dari Pantai Kuta hanya sekitar 2 kilometer. Jadi, ketika Anda sudah sampai di Pantai Kuta, usahakan untuk mampir sejenak ke Pantai Seger.

Pantai Seger menggapai target menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) unggulan Tanah Air. Saat Anda berlibur Anda bisa sekalian mengunjungi objek wisata Pantai Kuta dan Pantai Tanjung Aan.

Pantai Seger adalah salah satu destinasi wisata yang berada di sekitar Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit. Dari Sirkuit Mandalika hingga Pantai Seger hanya berjarak sekitar 7 kilometer yang ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 30 menit.

Pasir putih yang begitu memukau berpadu dengan ombak Pantai Seger yang tinggi dan keras membuat para peselancar memiliki keinginan untuk berselancar di pantai ini.

Untuk Anda yang menyengaja ingin berselancar di Pantai Seger, usahakan datang di bulan Juli dan Agustus. Selain bisa berselancar, Anda juga bisa melakukan aktivitas pantai seperti snorkeling dan berenang-renang kecil di bibir pantai.

Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada di Pantai Seger, pantai ini sudah dikelola dengan baik. Terdapat warung makan, penginapan sederhana, tempat parkir, toilet, ruang ganti, tempat istirahat, jembatan, dan pondok-pondok.

Pantai Seger buka selama 24 jam, tiket masuknya sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 per orang, harga dapat berubah tergantung pengelola.

Legenda Putri Mandalika Pantai Seger

Ketika berkunjung ke Pantai Seger, Anda akan menemukan deretan patung di pinggir pantai. Patung tersebut berdiri di bagian utara, dengan arus laut yang tenang. Patung tersebut adalah patung seorang putri yang hendak membebaskan diri dari tiga laki-laki. Deretan patung ini mengisahkan Legenda Putri Mandalika. Patung-patung tersebut menjelaskan asal usul tradisi Bau Nyale.

Alkisah pada zaman dahulu terdapat seorang Raja Tonjang Beru dan Permaisurinya bernama Dewi Seranting, beliau memiliki putri yang sangat cantik memesona yang bernama Putri Mandalika. Kecantikan Putri Mandalika terkenal di seluruh antero negeri, hingga membuat tiga pangeran memperebutkan Putri Mandalika.

Nama lain dari Putri Mandalika adalah Putri Nyale. Oleh karena Putri Mandalika ingin mengakhiri peperangan tiga pangeran yang memperebutkan dirinya, akhirnya ia menenggelamkan diri di laut.

Namun anehnya jasad sang putri tidak ditemukan. Sebagai gantinya, muncul cacing warna-warni yang dipercaya masyarakat Lombok, cacing tersebut adalah jelmaan dari Putri Mandalika. Ritual Bau Nyale dilaksanakan pada tanggal 20 bulan 10 kalender Suku Sasak. Tradisi ini dilakukan masyarakat Sasak sebagai penghormatan kepada Putri Mandalika.

Semoga saat Anda berkunjung ke Lombok Anda dapat mengikuti tradisi Bau Nyale.

 

Sumber : suara.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.