Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur

0
3162

TNews, WISATA –  Pulau Derawan berada di Provinsi Kalimantan Timur, Derawan merupakan gugusan kepulauan yang terkenal akan keindahan pantai-pantainya. Tak hanya pantai, destinasi wisata kepulauan Derawan juga meliputi panorama alam serta eksotisme pemandangan bawah laut yang sangat memukau. Tak heran rasanya jika objek wisata Derawan kerap menjadi destinasi perburuan surga tersembunyi banyak petualang.

Lalu, apa saja yang bisa anda temukan saat menjelajahi kepulauan Derawan? Berikut berbagai rekomendasi wisata pulau Derawan yang bisa dieksplorasi saat berkunjung ke objek wisata yang berada di kabupaten Berau ini!

  1. Pengalaman Bermalam di Penginapan-Penginapan Apung di Bibir Pantai Pulau Derawan Hasil gambar untuk Pulau Derawan berada di Provinsi Kalimantan TimurSalah satu daya tarik wisata di Derawan yang takkan terlewatkan adalah sensasi bermalam di pinggir pantai yang terdapat di kepulauan Derawan. Kepulauan Derawan terkenal akan penginapan-penginapannya yang berada diatas permukaan air laut di tepi pantai. Tentunya bermalam di salah satu penginapan ini akan memberikanmu pengalaman tersendiri saat liburan ke kepulauan Derawan.
  1. Berenang Bersama Ubur-Ubur di Pulau Kabakan Gambar terkaitObjek wisata di Derawan yang tak boleh anda lewatkan adalah danau air tawar yang terdapat di Pulau Kabakan. Daya tarik utama dari tujuan wisata ini adalah keberadaan ribuan ubur-ubur air tawar yang tak memiliki sengat yang menghuni danau ini. Berenang bersama ubur-ubur di pulau Kabakan merupakan salah satu hal wajib yang anda lakukan saat berkunjung ke kepulauan Derawan.
  1. Bertualang di Goa Haji Mangku Gambar terkaitMeskipun dinamakan Goa, objek wisata Goa Haji Mangku yang berada di kepulauan Derawan ini memiliki bibir goa yang berbentuk vertikal dengan bagian dalam yang dipenuhi air sehingga sekilas terlihat lebih mirip sebuah danau atau kolam. Untuk anda yang memiliki jiwa petualang, berenang menjelajahi eksotisme dari Goa Haji Mangku bisa jadi salah satu kegiatan seru saat liburan ke Derawan.
  1. Menyelam di Goa Bawah Laut “Blue Light Cave“ Gambar terkaitKepulauan Derawan yang populer akan keindahan alam bawah lautnya memang menawarkan berbagai titik menyelam yang sangat diburu oleh para penyelam dari seluruh dunia. Salah satu lokasi menyelam yang menarik adalah di “Blue Light Cave” sebuah goa bawah laut yang sangat menakjubkan. Selain itu, masih banyak lokasi penyelaman di kawasan kepulauan Derawan yang bisa anda jelajahi seperti Shark Point yang terkenal akan keberadaan hiu-nya, Coral Garden yang menawarkan keindahan ragam terumbu karang, Tuturuga Point, Snapper Point, dan berbagai alternatif lokasi menyelam lainnya.
  1. Sensasi Berenang Bersama Pari Raksasa Gambar terkaitTak cuma menyelam, daya tarik wisata bahari kepulauan Derawan juga bisa dinikmati dengan snorkeling. Salah satu lokasi snorkeling yang populer adalah Manta Point dimana anda tak cuma bisa menikmati keindahan terumbu karang tetapi juga bisa berenang bersama Manta Ray, ikan pari raksasa yang tengah berburu plankton.
  1. Kawasan Konservasi Penyu di Pulau Sangalaki Hasil gambar untuk  Penyu di Pulau Sangalaki Alternatif objek wisata di kepulauan Derawan yang bisa anda eksplorasi saat berada di Derawan adalah kawasan konservasi penyu yang berada di Pulau Sangalaki. Salah satu pulau yang berada di gugusan kepulauan Derawan ini memang menjadi lokasi para Penyu bertelur. Pada saat-saat tertentu anda juga bisa melihat kegiatan pelepasan tukik-tukik atau penyu kecil yang baru menetas ke lautan.
  1. Menikmati Keindahan Alam Pulau Maratua Hasil gambar untuk Keindahan Alam Pulau Maratua Pulau Maratua adalah salah satu pulau di gugusan kepulauan Derawan yang terkenal akan keindahannya. Pulau dengan pasir putih dan dikelilingi laut berwarna toska ini kerap menjadi tujuan para pecinta fotografi untuk berburu foto-foto yang instagramable. Di sekitar pulau Maratua, anda bisa menemukan banyak titik-titik snorkeling yang indah. Tak cuma itu, terdapat pula Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban yang bisa dijelajahi saat mengunjungi salah satu destinasi wisata di kepulauan Derawan satu ini.
  1. Berenang di Jernihnya Danau Labuan Cermin Gambar terkaitDestinasi wisata di kepulauan Derawan selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Danau Labuan Cermin. Sesuai namanya, objek wisata di Derawan satu ini memang terkenal akan kejernihan airnya yang bak cermin. Untuk bisa mencapai Danau Labuan Cermin, anda akan menjelajahi sungai yang ditumbuhi rimbunnya bakau. Berenang di Labuan Cermin yang jernih tentu takkan gagal segarkan kembali pikiranmu.
  1. Cita Rasa Kuliner Khas Derawan Gambar terkaitHal terakhir yang tak boleh anda lewatkan saat singgah ke kepulauan Derawan adalah mencicipi beragam kuliner khas dari Derawan. Derawan sendiri memiliki ragam olahan seafood unik yang bisa anda cicipi seperti Tehe-tehe, olahan ketan yang dimasak bersama santan dan pandan menggunakan cangkang landak laut. Selain Tehe-tehe, masih ada Kima-kima yaitu kerang laut yang diasinkan dan dikeringkan. anda juga jangan sampai melewati buah Elai yang merupakan buah khas Kepulauan Derawan. Memiliki bentuk menyerupai durian, buah Elai memiliki cita rasa unik yang khas. Selain berbagai destinasi wisata di kepulauan Derawan di atas, masih banyak lagi pesona wisata kepulauan Derawan lainnya yang tak kalah indah dan menarik untuk dieksplorasi. Dengan ragam keindahan wisata alam di kepulauan Derawan tersebut, tentu tak salah jika anda menjadikan Derawan sebagai tujuan liburan selanjutnya.

 

Sumber : tokopedia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.