Kotabaru Heritage Festival: dari Wisata Kuliner hingga Nonton Film dari Becak

0
145
Gambar : Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti memaparkan kegiatan yang ada di Kotabaru Heritage Festival saat jumpa pers di Balaikota, Selasa (4/7/2023) Foto: Clementine Roesiani.

TNews, YOGYAKARTA – Serangkaian acara spektakuler yang dikemas secara unik dan meriah akan digelar di Kotabaru Heritage Festival (KHF) 2023 pada tanggal 6-10 Juli 2023.

Festival akan dibuka di kawasan Babon Aniem dengan menampilkan seni tari dan Jogja Historical Orchestra.

Hari berikutnya, pemutaran film bernuansa Heritage yang akan ditayangkan di beberapa titik bangunan cagar budaya, di antaranya: Silol Kopi & Eatery, Simetri Coffee Roaster, Bentara Budaya, Rumah Sukarni, dan SMAN 3 Yogyakarta.

“Penyelenggaraan Kotabaru Heritage Festival merupakan upaya Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) untuk membranding Kotabaru sebagai kawasan wisata dengan konsep Heritage, Garden City, premium dan malam hari. Kolaborasi dari 4 konsep tersebut diharapkan dapat menghadirkan pengalaman baru melalui dialog secara intelektual dan artistik dalam pemaknaan warisan budaya,” papar Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya dalam jumpa pers di Balai Kota, Selasa (4/7/2023).

“Dengan pengalaman wisata baru yang ditawarkan, tidak hanya seputar What to See, tetapi berkembang ke dalam What to Do, What to Buy, dan What to Eat. Sehingga akan berdampak positif pada perekonomian di sekitar kawasan Kotabaru yang sempat terpuruk ketika pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti mengatakan, kegiatan di Heritage Kotabaru Festival antara lain, Lomba dan Pameran Fotografi, Kampung Menari, Jogja Historical Orchestra, Rijsttafel, Heritage Tour, Fashion Show Wastra Sahaja, Public Lecture, Kotabaru Heritage Food Festival dan Drive in Cinema.

“Kegiatan Heritage Tour mengeksplorasi keunikan kawasan cagar budaya dengan napak tilas ke bangunan-bangunan bersejarah bersama pemandu dari Malam Museum. Peserta akan diajak berkeliling dengan 3 rute: rute ‘Bentang Arsitektur Kawasan Kotabaru’, rute ‘Cerita Pluralisme di Kotabaru’, dan rute ‘Heroisme Serbuan Kotabaru’.”

Dinas Kebudayaan juga memberi ruang untuk 31 kelurahan di Kota Yogyakarta untuk berpartisipasi dalam acara Kotabaru Heritage Food Festival (Festival Kuliner Rintisan Kelurahan Budaya/RKB). Pengunjung dapat menikmati berbagai macam kuliner tradisional dan produk UMKM lokal.

Yetti menambahkan, puncak acara Kotabaru Heritage Festival akan dilaksanakan di Stadion Kridosono pada Minggu, 9 Juli 2023. Yang menarik, pemutaran film ini mengusung konsep ‘Drive In’ dengan 100 becak kayuh khas Yogyakarta.

“Tentunya ide ini menghadirkan pengalaman baru dan tidak biasa dalam menonton film dan menikmati pertunjukan,” pungkasnya.*

Reporter : Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.