MTQ 2023 akan Digelar Kemenag Yogyakarta di Balai Kota, Pertandingkan 8 Cabang Lomba

0
61
Gambar : Kepala Kantor Kementerian Agama Yogyakarta, H. Nadhif, S.Ag, M.Si saat menjadi narasumber dalam jumpa pers, Kamis (27/7/2023). Foto: Clementine Roesiani.

TNews, YOGYAKARTA – Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta akan menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kota Yogyakarta tahun 2023.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, H. Nadhif, S.Ag, M.Si mengatakan, kegiatan MTQ akan dilaksanakan hari Sabtu tanggal 29 Juli 2023 di Balai Kota, SMP Muhammadiyah 8 dan SD Muhammadiyah Miliran.

“Rencananya kegiatan ini akan dibuka oleh Pj Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, pukul 07.30 WIB,” ucapnya.

“Kegiatan MTQ yang ke-30 ini untuk memupuk rasa cinta masyarakat Kota Yogyakarta pada Al-Qur’an sekaligus sebagai syiar. Kita ingin menguatkan spiritualitas dan religiusitas masyarakat atau umat yang beragama Islam,” kata Nadhif dalam jumpa persnya, Kamis (27/7/2023)

“MTQ tahun ini mengimplementasikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam rangka mewujudkan masyarakat Kota Yogyakarta yang ‘tatag, teteg, dan tutug’, agamis, dan moderat.”

Sementara itu, Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Yogyakarta, Saeful Anwar menjelaskan, ada 8 cabang lomba MTQ antara lain Tilawah Al-Qur’an, Tartil, Seni Baca Al-Qur’an, Hafalan, Tafsir, Musabaqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an, Syarh Al-Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, dan Seni Kaligrafi Al-Qur’an.

“Kegiatan MTQ ini untuk mencari bibit unggul, sekaligus mempersiapkan peserta terbaik dalam ajang MTQ tingkat Provinsi DIY tahun 2024 mendatang.”

Lebih lanjut Saeful menjelaskan, ada sebanyak 464 peserta yang terkonfirmasi dari 14 kemantren yang ikut lomba, didampingi oleh pendamping dan pelatih. Selain itu juga mengundang dewan hakim, panitera, panitia, tamu undangan, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang diprediksi keseluruhan berjumlah 1000 tamu undangan.

“Kegiatan ini selesai dalam satu hari, berlangsung mulai pukul 07.00-16.30 WIB. Dan pada penutupannya nanti akan disampaikan kejuaraan sekaligus pemberian apresiasi dan penghargaan untuk yang juara. Untuk yang juara, selain ada uang pembinaan, ada juga piagam dan trofi yang nilainya kurang lebih 100 juta untuk kepentingan apresiasi dan penghargaan bagi juara MTQ tingkat Kota Yogyakarta,” kata Nadhif.*

Reporter : Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.