Penampilan Polisi Cilik SDN Bhayangkara Meriahkan Peringatan HUT ke-78 RI di Balai Kota Yogyakarta

0
69
Gambar : Upacara peringatan HUT ke-78 RI di halaman Balai Kota Yogyakarta, Kamis (17/8/2023). Foto: Clementine Roesiani.

TNews, YOGYAKARTA – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 RI yang berlangsung pagi hari di halaman Balai Kota Yogyakarta, Kamis (17/8/2023) berlangsung meriah.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo bertindak selaku inspektur upacara.

Sebanyak 46 anggota Paskibraka sukses mengibarkan sang merah putih. Mereka adalah putra-putri terbaik yang terdiri dari siswa-siswi SMA sederajat se-Kota Yogyakarta, di bawah binaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta.

Dalam amanatnya, Singgih membacakan sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dalam momentum peringatan ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI dengan tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, dapat dimaknai sebagai semangat untuk menempuh perubahan ke arah yang lebih baik, dalam setiap dimensi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Gambar : Penampilan Polisi Cilik SD Negeri Bhayangkara ikut memeriahkan upacara peringatan HUT ke-78 RI di halaman Balai Kota Yogyakarta. Foto: Clementine Roesiani.

“Berbagai perubahan yang terjadi, adalah sejatinya keniscayaan, selayaknya falsafah ‘Lir Gumanti’ dan ‘Cakra Manggilingan’. Selaras dengan hal tersebut, sengkalan tarikh Jawa ‘Wiyata Gati Pambukaning Budi’ seakan menggelorakan semangat, bahwa setiap perubahan harus disikapi secara positif, diiringi upaya pembelajaran atas kehidupan, agar perubahan-perubahan itu memiliki dampak yang positif dan menyejahterakan.”

“Energi bangsa dan kearifan lokal harus diaktualisasikan dan diselaraskan dengan perubahan global. Adaptasi sosial ini dilakukan untuk membuka pintu pemikiran, berlandaskan pada nilai-nilai dan etika kemanusiaan, agar setiap proses pembangunan dapat mendukung pemerataan kesejahteraan di seluruh Indonesia.”

“Oleh sebab itu, kebhinekaan potensi energi bangsa kita pupuk dan kembangkan bersama, agar menjadi akumulasi kekuatan positif, serta menjadi wahana menuju kehidupan berbangsa dan bermasyarakat, yang lebih sejahtera, berkeadilan, guyub-rukun, dan aman-damai.”

Gambar : Penampilan Juara 5 Besar Ajang Mahardika Nada Nusantara 2023 Bakesbangpol Kota Yogyakarta. Foto: Clementine Roesiani.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 RI ini juga dimeriahkan dengan persembahan aubade oleh paduan suara SMP Negeri 8 Yogyakarta diiringi Bhawara Ansamble yang didukung 34 siswa-siswi mempersembahkan lagu-lagu patriotik.

Acara bertambah meriah dengan persembahan penampilan Polisi Cilik (Pocil) SD Negeri Bhayangkara di bawah binaan Unit Kamsel Satlantas Polresta Yogyakarta dan juga penampilan Juara 5 Besar Ajang Mahardika Nada Nusantara 2023 Bakesbangpol Kota Yogyakarta.*

Reporter : Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.