Peringati Hari Agraria dan Tata Ruang, Dispertaru Kota Yogyakarta Gelar Lomba Hantaru

0
27
Gambar: Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) Kota Yogyakarta, Pamungkas, saat menjelaskan gelaran lomba Hantaru 2024 di Balai Kota, Rabu (9/10/2024). Foto: Clementine Roesiani.

TNews, YOGYAKARTA – Memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) yang jatuh pada 24 September, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) Kota Yogyakarta menggelar berbagai macam lomba untuk menyemarakkan peringatan Hantaru di Kota Yogyakarta.

Kepala Bidang Tata Ruang Dispertaru (Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana) Kota Yogyakarta, Pamungkas menginformasikan penyelenggaraan Lomba HANTARU 2024. Lomba ini terbuka untuk umum dengan tema “Hijau Kampungku, Lestari Jogjaku”.

Menurut Pamungkas, tema ini diambil mengingat pentingnya peran kampung dalam penataan kota. Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Yogyakarta, strategi pemantapan dan pengembangan hierarki sistem perkotaan dilaksanakan dengan memperkuat citra kawasan pada skala kota sampai skala kampung, terutama pada kampung bersejarah sebagai cikal bakal berkembangnya daerah.

Gambar: Poster lomba Hantaru 2024.

“Kota Yogyakarta sebagai kota budaya, kota istimewa itu sebenarnya terbentuk sejak 268 tahun yang lalu sudah terbentuk kampung-kampung. Kampung-kampung ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang namanya kampung wisata, batik, tanggap bencana, seni, industri dan lain-lain. Tapi kami cukup menyelipkan satu jenis tema kampung yaitu kampung hijau,” terang Pamungkas dalam jumpa pers di Balai Kota, Rabu (9/10/2024).

“Konsep pengembangan kampung hijau seperti di kawasan Baciro di sisi utara Balai Kota atau di Kotabaru sebagai garden city-nya wilayah kota lama, sehingga antara kampung hijau dan lestari dan kota itu menjadi satu rangkaian kalimat tema di Hari Tata Ruang Nasional di tahun 2024.”

“Ada 4 kategori lomba, yakni lomba desain, lomba esai, lomba video reels, dan lomba desain kawasan. Objek karya dari semua kategori lomba harus memiliki lokus di Kota Yogyakarta. Pendaftaran dimulai pada 4 September hingga 25 Oktober 2024. Penjurian akan dilakukan pada 26 Oktober hingga 1 November 2024. Sementara pemenang akan diumumkan pada bulan November 2024.”

“Dispertaru menyiapkan hadiah untuk total 25 pemenang dari masing-masing jenis lomba. Selain hadiah ada piagam penghargaan dan uang pembinaan. Kami ambil 5 juara. Untuk juara 1 sebesar 3 juta. Total hadiah ada 70 juta.”

Masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam.lomba dengan melakukan pendaftaran melalui laman https://bit.ly/PendaftaranHantaru2024 dan ketentuan secara khusus dapat dilihat pada laman https://bit.ly/KetentuanLombaHantaru24. Pemenang lomba akan diumumkan pada bulan November 2024 dalam acara Gebyar HANTARU 2024.*

Peliput: Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.