Sanggar DAUN Jawa Timur dan Komunitas Gores Warna Jogja Gelar Pameran Seni Rupa

0
177
Gambar : Para seniman anak yang ikut pameran bertajuk “COZY: Art Collaboration and Vision Zynergy” di Kopi Macan & Art Gallery, Yogyakarta. Foto: Cementine Roesiani.

TNews, YOGYAKARTA – Sanggar DAUN Jawa Timur berkolaborasi dengan Komunitas Gores Warna Jogja menggelar pameran seni rupa bertajuk “COZY: Arts Collaboration & Vision Zynergy” yang berlangsung tanggal 7-22 Oktober 2023 di Kopi Macan & Art Galery, Jl. Bugisan Selatan, Kasihan, Bantul Yogyakarta.

Pameran yang dibuka oleh Wibisono, S.H. MH, pecinta seni dari Jakarta, Sabtu 7 Oktober 2023 ini menampilkan total 30 karya lukis 14 seniman cilik dalam berbagai media di atas kanvas berbagai ukuran, yang terbesar 170 x 170 cm, dan yang terkecil karya 4 panel kanvas ukuran 30 x 20 cm, dan 1 karya seni instalasi Outdoor, dengan penulis seni Chols Verde.

Pameran seni rupa anak ini juga dimeriahkan dengan penampil pertunjukan seni dari Tari Cakil Gores Warna, Teaterikal Puisi @paravan.artstudies, dan Musik Etnik @wingi_etnik.

Arik S. Wartono, kurator yang juga pembina dan pendiri Sanggar DAUN mengatakan, Sanggar DAUN berpusat di Gresik, Jawa Timur, tapi anggotanya tersebar di Surabaya, Sidoarjo, Malang, Bojonegoro, Madura, Jogja, Jakarta, bahkan Palembang, Medan, dan Bali.

Gambar : Azka Damara di antara lukisannya dalam pameran seni rupa di Kopi Macan & Art Galery Yogyakarta. Foto: Clementine Roesiani.

“Hampir setiap tahun anggota sanggar kami meraih anugerah budaya RI dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk kategori anak dan remaja”.

Sanggar DAUN telah berdiri 20 tahun dan telah mempersembahkan 2000 penghargaan internasional dari berbagai lembaga internasional dan aktif terlibat pameran seni rupa anak di berbagai negara. Sanggar DAUN kini aktif membangun kolaborasi dan bersinergi dengan para pelaku seni di Yogyakarta, terutama seni rupa dan seniman muda dari berbagai komunitas.

“Dengan adanya narasi kolaborasi ini, kami berharap akan muncul seniman tingkat internasional,” tuturnya.

Berbicara tentang proses kreatif dari anak-anak, Arik mengungkapkan, anggota Sanggar DAUN yang terkecil berusia 2 tahun. Anggota sanggar ada yang bisa menghasilkan 16 karya dalam waktu satu bulan.

Gambar : Lukisan karya seniman cilik yang dipamerkan. Foto: Clementine Roesiani.

Kali ini ada 11 seniman anak dari Sanggar DAUN yang berasal dari Gresik, Surabaya, Sidoarjo dan Depok berkolaborasi dengan 3 seniman cilik dari Komunitas Gores Warna Jogja. Mereka ini adalah:

1. Aileen Nathania Pranatha (8 tahun), dari Gores Warna Jogja, menampilkan 1 karya lukis,
2. Anas Sangaji (15 tahun), Sanggar DAUN kota Depok, menampilkan 2 karya lukis,
3. Annisa Nismara (8 tahun), Sanggar DAUN Gresik, menampilkan 2 karya lukis,
4. Ariel Ramadhan (23 tahun), Sanggar DAUN Surabaya, menampilkan 4 karya lukis,
5. Azka Damara (11 tahun), Sanggar DAUN Surabaya, menampilkan 3 karya lukis,
6. Candice Jyotika Zue (5 tahun), Sanggar DAUN Sidoarjo, menampilkan 4 karya lukis,
7. Isabell Roses (12 tahun), Sanggar DAUN Gresik, menampilkan 3 karya lukis,
8. Kenzie Michaela Nugroho (11 tahun), dari Gores Warna Jogja, menampilkan 1 karya lukis,
9. Prisha Pamungkas (7 tahun), Sanggar DAUN Surabaya, menampilkan 3 karya lukis,
10. Raisha Riandra (11 tahun), Sanggar DAUN Surabaya, menampilkan 3 karya lukis,
11. Raiz Hakim (7 tahun), Sanggar DAUN Surabaya, menampilkan 1 karya seni instalasi Outdoor berkolaborasi dengan Shafi Rahman,
12. Ricke Khrisna Wijaya (8 tahun), dari Gores Warna Jogja, menampilkan 1 karya lukis,
13. Runa Dhafira (11 tahun), Sanggar DAUN Surabaya, menampilkan 2 karya lukis,
14. Shafi Rahman (15 tahun), Sanggar DAUN Surabaya, menampilkan 1 karya lukis dan 1 karya seni instalasi Outdoor berkolaborasi dengan Raiz Hakim.

Selain memberi ruang untuk berusaha saling mengenal, berbagi pengalaman dan gagasan, Event pameran ini diharapkan juga agar anak-anak bisa mengembangkan Softskill Intellectual Humilty atau kerendahan hati, berlatih membuka hati dan berusaha memahami bahwa masing-masing selalu punya ruang untuk kekurangan bahkan kesalahan. Sehingga setiap anak akan tergerak untuk terus belajar dan memperbaiki diri.

Berikut daftar acara selama pameran berlangsung:

8 Oktober 2023,
Workshop Olah Plastik: “Boneka dan Gambar Bercerita” bersama Drawing Performatif, pukul 15.00 WIB.

14 Oktober 2023,
Workshop Teknik Alternatif Menggambar, bersama Langgar Gambar, pukul 15.00 WIB

15 Oktober 2023,
Diskusi “Membaca Kreativitas Anak dan Masa Depan Seni Rupa” bersama narasumber Dr. Drs. Hadjar Pamadhi, MA. Hons. (Akademi Seni Rupa dan Kurator)
EdoPop (penggiat Gugum Tapa Art Culture)
Arik S. Wartono (Sanggar Daun Gresik)
Moderator: CholsVerde (Pelaku seni budaya dan mahasiswa ISI Yogyakarta),
Pukul 15.00 WIB.*

Reporter : Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.