Sebanyak 2.596 Personel Satlinmas Disiapkan untuk Amankan Pemilu 2024

0
59
Gambar : Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat saat menjelaskan terkait penyiapan Satlinmas untuk Pemilu 2024 dalam jumpa pers di Balai Kota, Kamis (1/2/2024). Foto: Clementine Roesiani.

TNews, YOGYAKARTA – Pemerintah Kota Yogyakarta akan menggelar apel kesiapan khusus dalam rangka mendukung pelaksanaan sukses Pemilu 2024 pada hari Rabu, 7 Februari 2024 pukul 07.30 WIB di halaman parkir Stadion Mandala Krida.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Octo Noor Arafat mengatakan, apel kesiapan khusus ini ditujukan untuk Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang akan menjadi petugas penjaga keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) seluruh wilayah Kota Yogyakarta yang berjumlah 1.298 TPS.

“Jika masing-masing TPS kita siapkan 2 orang personel Satlinmas, maka ada 2.596 personel yang sudah bisa kita penuhi dari 4200 Satlintas yang ada di Kota Yogyakarta,” ujarnya dalam jumpa pers di Balai Kota, Kamis (1/2/2024).

“Menindaklanjuti Permendagri No. 11 Tahun 2023 tentang sarana dan prasarana bagi Satlinmas, Satpol PP telah selesai melaksanakan pengadaan maupun distribusi sebanyak 3.222 stel pakaian dinas lapangan termasuk topi dan sepatunya.”

Gambar : Pj Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo mendukung dan menjamin kesehatan petugas KPPS dengan senam dan suplai multivitamin. Foto: Clementine Roesiani.

“Kegiatan apel kesiapan ini memiliki maksud dan tujuan yaitu : memastikan kesiapan seluruh personel Satlinmas yang bertugas dan membantu pennyelenggaraan pemilu, memastikan jumlah Satlinmas yang dibutuhkan di seluruh TPS yang ada di Kota Yogyakarta telah terpenuhi, memastikan bahwa seluruh personel Satlinmas telah melaksanakan tugas pengamanan TPS dalam keadaan sehat dan bugar jasmani dan rohani, memastikan bahwa Satlinmas yang menjalankan tugas senantiasa menjunjung tinggi profesionalisme dan netralitas.”

Octo menambahkan, secara umum, kegiatan ini akan berlangsung kurang lebih satu jam dan melibatkan beberapa unsur OPD terkait, termasuk penyelenggara Pemilu, yakni KPU, Bawaslu, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Kominfo, Kemenag, Kesbangpol, dan juga Mantri Pamong Praja seluruh wilayah Kota Yogyakarta.

Menyambung apa yang dikatakan Octo, Pj Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengatakan, selain menyiapkan petugas KPPS yang ada di Kota Yogyakarta, Pemkot juga menjaga kebugaran petugas KPPS.

“Makanya Jumat pagi dilakukan senam bagi petugas KPPS. Awak media yang mau ikut silakan datang di halaman Balai Kota pukul 07.00 WIB. Nanti Saya juga ikut senam untuk menjaga kebugaran.”

“Selain itu kita sudah lakukan pemeriksaan kesehatan mereka di puskesmas masing-masing. Petugas KPPS sekarang didominasi anak-anak muda, sehingga kesehatannya cukup bagus.”

“Di samping itu, kita juga lakukan jaminan kesehatan untuk seterusnya. Kemarin setelah dilakukan identifikasi, terdapat sekitar 550 yang belum (tidak) ada jaminan kesehatan dan kita ajukan BPJS Kesehatan.”

“Tidak berhenti di situ, untuk menjaga kebugaran, selain senam dan menjamin kesehatannya, kita lakukan juga suplai multivitamin dan madu, supaya pada saat melakukan tugasnya benar-benar fit,” ujar Singgih mengakhiri.*

Reporter : Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.