Sebanyak 83.524 Anggota KPPS di DIY Dilantik, Siap Sukseskan Pemilu 2024

0
80
Gambar : Pelantikan anggota KPPS di Graha Wana Bhakti Yasa, Kamis (25/1/2024). Foto: Clementine Roesiani.

TNews, YOGYAKARTA – Sebanyak 83.524 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 dilantik Kamis, 25 Januari 2024 pagi di masing-masing kapanewon/kemantren di 5 kabupaten/kota se-DIY.

Ketua KPU DIY, Ahmad Shidqi mengatakan, pelantikan anggota KPPS sebanyak 83.524 orang yang akan bertugas melayani pemilih pada pemungutan dan perhitungan suara 14 Februari 2024.

“Mereka tersebar di 11.932 Tempat Pemungutan Suara (TPS), 438 kalurahan/kelurahan, 78 kapanewon/kemantren, dan 5 kabupaten/kota se-DIY,” ucap Ahmad.

Pelaksanaan pelantikan sebagian besar dilangsungkan di balai kelurahan, juga tidak sedikit yang di gedung pertemuan dan kampus seperti KPPS wilayah Umbulharjo dilaksanakan di Graha Wana Bhakti Yasa.

Gambar : Penanaman pohon oleh Anggota KPU RI, Idham Kholik di Graha Wana Bhakti Yasa, Kamis (25/1/2024). Foto: KPU DIY.

“Masa kerja KPPS ini akan dimulai sejak 25 Januari-25 Februari 2024 dengan honor 1.200.000 untuk ketua dan 1.100.000 untuk anggota,” jelasnya.

“Selain memfasilitasi pemungutan dan penghitungan suara, anggota KPPS juga bertugas mendokumentasikan serta mempublikasikan hasil penghitungan suara di TPS melalui aplikasi SIREKAP (Sistem Informasi Rekapitulasi) yang nantinya bisa diakses ke publik.”

Pelantikan KPPS ini dihadiri oleh Anggota KPU RI, Idham Kholik. Dan sebagai komitmen KPU terhadap pelestarian alam dan sebagai pengganti pohon yang digunakan untuk kebutuhan logistik pemilu, khususnya surat suara dan formulir-formulir yang digunakan dalam pemilu, pada pelantikan ini juga dilakukan penanaman pohon oleh setiap anggota KPPS. Total ada 83.524 pohon yang ditanam di wilayah DIY.

“Selanjutnya, dalam rangka memperkuat pemahaman anggota KPPS terhadap tugas dan fungsinya, maka mulai tanggal 26-29 Januari 2024 akan dilakukan pelatihan atau bimbingan teknis tentang pemungutan dan penghitungan suara di TPS.”

“Dengan pelatihan tersebut, diharapkan terwujudnya profesionalisme dan integritas anggota KPPS dalam melaksanakan tugasnya melayani pemilih, sehingga kekeliruan dalam penghitungan dan pencatatan hasil penghitungan suara nanti juga bisa diminimalisir dengan baik.”

“Untuk mencegah jatuhnya korban sakit dan meninggal dunia di kalangan anggota KPPS, kami mengutamakan personel yang berusia di bawah 55 tahun dan dilakukan Screening kesehatan meliputi pemeriksaan kolesterol, gula darah, dan tekanan darah.”

“Tidak berhenti di situ, untuk memantau atau memonitor kesehatan anggota KPPS ini, KPU DIY juga telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DIY dan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat UGM.”

“Dengan ikhtiar tersebut, diharapkan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di wilayah DIY pada 14 Februari 2024 akan berjalan dengan lancar dan aman,” tutupnya.*

Reporter : Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.